Mari Bersama-Sama Tingkatkan Mutu Pendidikan Bagi ABK - dikpora.jogjaprov.go.id

Mari Bersama-Sama Tingkatkan Mutu Pendidikan Bagi ABK

DETAIL BERITA 09 Juni 2011 03:06 WIB,   Jurnalis: ,   Dibaca : 2845kali


  Foto : Direktur Direktorat PPKLK Dikdas, Dr. Mudjito AK, M.Si. (berjas) bernyanyi bersama Anak Berbakat Istimewa dari Sekolah Bakat Seni Yayasan Saraswati Pleret Bantul, sesaat sebelum membuka Workshop.  
Share :

Dinas Dikpora DIY- Peningkatan Mutu Pendidikan Khusus (PK) dan Layanan Khusus (LK) bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan bagian integral dan fundamental dari upaya pembinaan dan pengembangan pendidikan nasional. Keberhasilan upaya peningkatan mutu PK dan LK ini tergantung dari dukungan dan peran serta berbagai unsur, baik pemerintah, orang tua, dan masyarakat sebagai wujud tanggung jawab memenuhi tuntutan terhadap pendidikan untuk semua (education for all).

Dalam kaitan itu, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar (PPKLK Dikdas) menyelenggarakan Workshop Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Program Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus serta Workhop Penyusunan Rencana Optimalisasi Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus.

Penyelenggaraan dua workshop ini dilakukan secara pararel atau serentak di Hotel Saphir Yogyakarta, Rabu (8/6) hingga Minggu (12/6). Peserta yang mengikuti dua workshop ini adalah Kepala Dinas Kabupaten Kota se Indonesia, sekolah inklusi, beberapa Perguruan Tinggi yang memiliki program penyelenggaraan PK-LK, serta unsur dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Direktur PPKLK Dr. Mudjito AK, M.Si. dalam sambutan pembukaan workshop menyatakan bahwa dengan diselenggarakannya dua workshop ini, diharapkan mampu menyamakan persepsi dan langkah strategis dalam pelaksanaan program pembinaan pendidikan khusus dan layanan khusus sesuai RPJM Kemdiknas.

“Selain itu, diharap pula dapat terhimpun berbagai pemikiran, sekaligus merumuskan pola dan strategi pelaksanaan pembinaan dan peningkatan mutu PK dan LK sejalan dengan paradigma baru di dunia pendidikan yang lebih menitikberatkan pemberdayaan sekolah, potensi lokal atau local wisdom, dan peran serta masyarakat atau society parsipatory”, jelas Mudjito.

Lebih jauh Mudjito menerangkan, melalui workshop ini akan disusun pedoman perncanaan optimalisasi Anak Berkebutuhan Khusus sesuai dengan jenis kekhususannya.

“Sebagai contoh, kita akan mengembangkan dan mengoptimalisasikan program Post-School Transition, untuk mempersiapkan anak-anak berkebutuhan khusus agar mempunyai kemandirian dan kecakapan hidup setelah tamat dari sekolah. Ketrampilan itu, tidak hanya berfokus pada hardskill anak-anak, tetapi juga softskill mereka. Artinya, mereka juga memiliki kemampuan untuk bernegosiasi, berkomunikasi dengan baik, agar bisa diterima dengan baik di dunia kerja maupun masyarakat”, tutup Mudjito. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia