Kemdiknas Adakan Gebyar PK-LK di Yogyakarta - dikpora.jogjaprov.go.id

Kemdiknas Adakan Gebyar PK-LK di Yogyakarta

DETAIL BERITA 12 Oktober 2011 12:10 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 2174kali
  Foto : Prof. Suyanto, Ph.D. memukul kenthongan tanda membuka Gebyar PK-LK 2011, dengan disaksikan oleh DR. Mudjito AK, M.Si. dan Drs. K. Baskara Aji  
Share :

Dinas Dikpora DIY- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) kembali menyelenggarakan event bertaraf nasional di Yogyakarta. Kali ini, Kemdiknas melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar (PPK-LK Dikdas) menyelenggarakan Gebyar Festival Kreasi Siswa Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK), yang diikuti anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan disabilitas dan siswa Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CIBI). Penyelenggaraan acara tersebut, dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta dan Benteng Vredenburgh Yogyakarta dari tanggal 12-14 Oktober 2011.

Acara akbar tahunan bagi para siswa berkebutuhan khusus ini, melibatkan tidak kurang dari 850 partisipan dari 33 provinsi di seluruh Indonesia. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas bahwa anak-anak Indonesia baik itu ABK maupun CIBI, memiliki potensi, prestasi dan kemandirian untuk pembangunan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan arti positif bagi peningkatan mutu dan pengembangan SDM, terutama penanaman pendidikan berkarakter bagi siswa.

“Ada tiga kategori kegiatan dalam Gebyar PK-LK. Pertama, kategori Gebyar yang melibatkan Sentra PK-LK dengan dua kompetisi didalamnya, yaitu Lomba Stand Pameran Kreasi Siswa dan Lomba Manajemen Pengelolaan Sentra PK-LK. Kategori Gebyar ini melibatkan 363 guru dan staf SLB dari 33 Provinsi di Indonesia”, terang Ketua Pelaksana Lomba yang juga Direktur Direktorat Pembinaan PK-LK Dikdas, DR. Mudjito AK, M.Si. saat pembukaan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu (12/10).

“Kategori kedua adalah Lomba Siswa CIBI yang diikuti oleh 132 siswa dari seluruh Indonesia. Lomba bagi siswa CIBI terdiri dari Lomba Cerdas-Cermat MIPA SD, Lomba Pidato Bahasa Inggris siswa SMP, dan Lomba Penelitian IPTEK bagi siswa SMP”, lanjutnya.

“Sedangkan kategori ketiga adalah Lomba bagi siswa berkebutuhan khusus, yang terdiri dari Lomba Menari Tradisional untuk siswa SD/SMPLB Inklusif dari siswa penyandang tunarungu (B), tunagrahita (C), atau tunadaksa (D). Ada juga Lomba Menyanyi Solo untuk siswa SD/SMP Inklusif yang mengikutsertakan siswa penyandang tunanetra (A). Lalu lomba yang ketiga bagi ABK adalah Lomba Desain Grafis untuk siswa SMP Inklusi bagi siswa tunarungu (B), tunagrahita (C), atau tunadaksa (D)”, paparnya.

Semua kategori lomba dalam Gebyar PK-LK tahun 2011, akan merebutkan piala Menteri Pendidikan Nasional. Piala Mendiknas secara simbolik diserahkan oleh Dirjen Dikdas Kemendiknas, Prof. Suyanto, Ph.D., kepada Direktur Direktorat PPK-LK Dikdas, DR. Mudjito AK, M.Si.  Selamat bertanding!(mtok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.