Metodologi Pembelajaran yang Baik, Kunci Sukses Siswa Menyukai Matematika - dikpora.jogjaprov.go.id

Metodologi Pembelajaran yang Baik, Kunci Sukses Siswa Menyukai Matematika

DETAIL BERITA 20 Maret 2012 06:03 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 1196kali
  Foto : Sri Wardhani, Widyaiswara P4TK Matematika saat menyampaikan Metodologi Pembelajaran Matematika yang Baik kepada Para Guru  
Share :

Dinas Dikpora DIY-Mengajarkan Matematika kepada anak didik di kelas menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para Guru pada umumnya. Hal ini dikarenakan banyak anak yang memiliki karakteristik berbeda satu dengan yang lainnya, yang menyebabkan beberapa diantaranya kesulitan untuk menerima Matematika sebagai mata pelajaran yang menyenangkan. Pada akhirnya, nilai yang mereka dapatkan pada mata pelajaran yang menjadi salah satu penentu kelulusan dalam Ujian Nasional ini menjadi kurang memuaskan.

Perlu metodologi pembelajaran matematika yang baik agar para Guru dapat mengajarkan Matematika dengan baik pula kepada para siswa. Menurut Sri Wardhani, Widyaiswara dari P4TK Matematika, ada beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk membelajarkan Matematika yang semestinya, dengan demikian bisa meningkatkan potensi untuk lulus UN.

“Pertama kita harus membuat siswa memahami konsep Matematika. Dalam hal ini kita harus menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah”, ungkapnya

“Yang kedua, kita harus mengarahkan siswa untuk melakukan penalaran dalam memecahkan masalah. Penalaran digunakan pada pola dan sifat, dengan melakukan manipulasi Matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika”, jelasnya

Dengan penalaran yang digunakan dalam memecahkan masalah, maka siswa akan mampu memecahkan masalah dan memiliki kemampuan untuk memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Kemampuan ini nantinya bisa berguna bagi siswa untuk membantu menghadapi masalah dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan siswa telah terbiasa memiliki strategi pemecahan masalah yang tepat.

Para Guru juga hendaknya rajin untuk mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. “Yang saya temui, para Guru sering malas untuk memberi suplemen pengajaran kepada anak dengan membuat simbol tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah, sehingga anak didik pun kurang tertarik untuk mempelajari Matematika”, terang Sri Wardhani.

Terakhir, jika masih saja ada siswa yang bermasalah dalam mempelajari Matematika, guru hendaknya meluangkan waktunya untuk melakukan remidial kepada siswa. “Remidial disini tidak hanya memiliki pengertian yang terbatas pada remidi soal yang telah dikerjakan siswa. Tetapi remidi disini berarti luas,  yakni kemampuan dan kemauan guru untuk meluangkan waktunya setelah jam pelajaran usai, untuk mendalami lebih jauh permasalahan yang mungkin dihadapi oleh anak, yang menyebabkan anak kesulitan untuk memahami Matematika”, lugasnya.

Menurutnya, mungkin saja anak tidak menyukai atau tidak konsen saat pelajaran Matematika karena anak itu sedang mempunyai masalah keluarga, atau masalah lainnya. Hal seperti ini tentu tidak bisa diselesaikan dengan soal-soal atau bahkan hukuman, tetapi harus diselesaikan dengan pendekatan secara personal oleh guru terhadap siswa tersebut.

“Dengan proses remidial ini, saya yakin siswa akan merasa lebih dekat dengan guru. Guru pun akan tahu permasalahan yang sesungguhnya dihadapi oleh siswa, dan bisa membantu untuk menyelesaikannya. Pada akhirnya, anak pun tentu akan menjadikan Matematika sebagai salah satu mata pelajaran favoritnya”, tutup Wardhani. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.