Kongres Pendidikan, Pengajaran, Kebudayaan - dikpora.jogjaprov.go.id

Kongres Pendidikan, Pengajaran, Kebudayaan

DETAIL BERITA 08 Mei 2012 06:05 WIB,   Jurnalis: dt,   Dibaca : 1185kali
  Foto : Siswa SD menjadi tahapan awal dalam menyelaraskan nilai-nilai pendidikan  
Share :

Disdikpora Prov.DIY – Kongres Pendidikan, Pengajaran, Kebudayaan yang berlangsung pada tanggal 7-8 Mei 2012 di Balai Senat UGM mengangkat isu sosial seputar perkembangan dunia pendidikan yang dinilai telah kehilangan arah, sebagaimana tema ‘Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan dalam menghadapi Globalisasi’

Sedikitnya 26 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Yogyakarta turut bergabung dalam kegiatan yang dihadiri oleh tokoh penting seperti Gubernur DIY, Sultan HB X sebagai keynote speaker, Prof.Wiendu (Wamendikbud Bidang Kebudayaan), Prof. Musliar Kasim (Wamendikbud Bidang Pendidikan), Prof. Djoko Santoso (Dirjen Dikti), Dedy Gumilar (anggota komisi X DPR).

Dari kongres tersebut diharapkan muncul sebuah rekomendasi yang bersifat filosofis, ideologis, kebijakan, dan aplikasi pendidikan yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia dan Pancasila. Karena Pendidikan dan Pengajaran merupakan dua proses satu nafas, dimana pendidikan nurani, pengajaran memerdekakan pikiran.

"Kebudayaan yang tidak menyatu dengan pendidikan akan cenderung asing bagi kehidupan dan mulai ditinggalkan oleh masyarakatnya sendiri" kata Gubernur DIY dalam pembukaan, Senin (7/5).

Filosofi pendidikan di Indonesia yang awalnya digagas Ki Hadjar Dewantara bersifat nasionalistik, naturalistik, spiritualistik kini dinilai telah berubah dengan tuntutan kemampuan kognitif yang tinggi, ini menegaskan sistem pendidikan telah mengalami peradaban yang perlu diluruskan di tengah globalisasi.

Tentu saja berkesinabungan dengan regulasi yang ditetapkan perda diantaranya, Pendidikan Berbasis Karakter Budaya.

Tepatnya pada sidang pleno para peserta melaksanakan diskusi panel. Selama 2 hari, kongres diisi dengan presentasi tentang Kebijakan dan Strategi Pendidikan, Konsep Dasar Pendidikan dan Aplikasinya, Pendidikan dalam Pembangunan Peradaban dan Kebudayaan.

Kongres ini telah disiapkan dengan matang berkat arahan Ketua tim pengarah Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A, terlihat dari peserta dari perwakilan PTN/PTS, guru, dosen, peneliti, mahasiswa, birokrat, legislator, politisi, dan tokoh masyarakat yang hadir untuk mengikuti Kongres Pendidikan dari penjuru Indonesia. (dt)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.