Anugerah Ki Hajar Bagian dari E-Pendidikan DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Anugerah Ki Hajar Bagian dari E-Pendidikan DIY

DETAIL BERITA 01 Oktober 2012 08:10 WIB,   Jurnalis: dt,   Dibaca : 2634kali
  Foto : e-pendidikan  
Share :

Disdikpora DIY – Sebanyak 300 peserta  mengikuti lomba Anugerah Ki Hajar untuk mempersiapkan kontingen DIY ke tingkat nasional.  Dr.Isparwono Dewanto sebagai ketua panitia membacakan laporan acara, 250 siswa mengikuti kuis dan 50 peserta sebagai guru pendamping lomba mengikuti seminar.

Lomba Anugrah Ki Hajar dilaksanakan di tiga lokasi berdekatan yaitu Edotel untuk kuis jejang SD dan pameran pendidikan, BTKP untuk kuis jenjang SMP, dan Dikpora tepatnya di ruang Sasana Mitra untuk jenjang SMA sederajat.

Lomba Anugrah Ki Hajar merupakan kerjasama antara pustekkom Kemendiknas dengan Disdikpora DIY (BTKP) selain menjadi agenda tahunan sekaligus menjadi  tolak ukur pengetahuan inovasi teknologi di daerah. Ini bagian dari kegiatan Festival e-Pendidikan.

Festival e-Pendidikan Piala KIHAJAR merupakan suatu kegiatan terpadu, terdiri dari 5 rangkaian kegiatan yang saling sinergi dan terkait satu sama lain. Rangkaian kegiatan tersebut yaitu (1)Anugerah TsIK untuk Pendidikan, (2)Lomba Pengembangan Media Pembelajaran, (3)Kuis TV Edukasi (Kihajar), (4)seminar, dan (5)pameran.

Nirwan mewakili pustekkom menanti finalis dari DIY dan 32 Provinsi lain untuk dipertemukan di tingkat nasional pada bulan November mendatang, “Semakin banyak Provinsi yang berlomba-lomba menggunakan beragam teknologi. Di Aceh misalnya, bupati mewajibkan pejabat struktural menguasai komputer”ujarnya.

Penelitian menarik disampaikan Kadinas ketika meresmikan pembukaan bahwa perbandingan tiap manusia dan jumlah gadget (laptop/komputer) di DIY sebanyak 1 : 3.7 sehingga patut dipertanyakan kalau ada yang masih tidak melek komputer di DIY berdasarkan tersebut.

Anugrah Ki Hajar membantu siswa mengisi kegiatan belajar karena banyak waktu yang terbuang akan membuat siswa berorientasi pada hal-hal yang negatif termasuk tawuran.

Salah seorang siswa MAN3 merasa senang bisa ikut di ajang Lomba Anugrah Ki Hajar, “Dapat kabarnya mendadak, bahkan sekarang sedang MID Semester di sekolah. Tapi senang bisa mewakili sekolah dgn bidang soal IPA dan kami akan mengikuti MID susulan” ujarnya seraya membawa buku.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.