BTKP DIY Deseminasikan Program Kerja Tahun 2012 - dikpora.jogjaprov.go.id

BTKP DIY Deseminasikan Program Kerja Tahun 2012

DETAIL BERITA 27 November 2012 06:11 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 6711kali
  Foto : Para pengampu kebijakan pendidikan di wilayah Kabupaten Sleman saat mengikuti deseminasi program BTKP DIY tahun 2012  
Share :

Dinas Dikpora DIY - Guna mensosialisasikan hasil pelaksanaan program tahun 2012 dan rencana program tahun 2013, BTKP DIY menyelenggarakan kegiatan Koordinasi dan Deseminasi Program BTKP DIY Tahun 2012. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten/Kota, MKKS SLB, MKKS SD, MKKS SMP, MKKS SMA, dan K3SK SMK yang ada di tiap Kabupaten/Kota.

Guna mengefektifkan pelaksanaan koordinasi dan deseminasi program BTKP DIY, kegiatan dibagi dalam 5 hari, dimana tiap harinya diikuti oleh 1 Kabupaten/Kota. Hari pertama deseminasi dilaksanakan pada hari Rabu, 21 November 2012 di BTKP DIY dengan diikuti oleh Kabupaten Bantul. Disusul kemudian hari Kamis (22/11) diikuti oleh Kabupaten Sleman, Jumat (23/11) diikuti oleh Kota Yogyakarta, Senin (26/11) diikuti oleh Kabupaten Kulonprogo, dan Selasa (27/11) diikuti oleh Kabupaten Gunungkidul.

Kepala BTKP DIY, Dra. Tugini Trihayati menyampaikan bahwa salah satu alasan diadakannya kegiatan ini adalah karena keberadaan BTKP DIY beserta program-programnya hingga saat ini masih kurang dikenal di lembaga sekolah. Padahal, lanjutnya, BTKP punya tugas dan tanggung jawab yang tinggi kepada sekolah untuk memberikan pelayanan, utamanya dalam penyediaan media pembelajaran untuk penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kami memiliki program-program dan produk yang sudah dihasilkan, mulai untuk pendidikan non formal hingga formal. Produk-produk yang kami hasilkan bisa diakses oleh masyarakat, baik secara offline maupun online. Secara offline dapat dengan mendatangi kantor BTKP DIY di Jalan Kenari No. 2, sedangkan secara online dapat dilakukan dengan mengakses btkp-diy.or.id, jogjabelajar.org, serta jogjabelajar.jogjaprov.go.id", terang Tugini.

Selain itu, BTKP juga mempunyai sederet program yang diperuntukkan bagi masyarakat pendidikan di Yogyakarta. Diantaranya adalah kegiatan monitoring dan evaluasi pemanfaatan TIK dalam KBM di sekolah, kegiatan penerbitan buletin warta guru dan jurnal adi karsa, kegiatan pendidikan dan pelatihan pengembangan materi ajar dengan software authoring tools lectora yang diikuti oleh 480 guru, diklat penulisan naskah animasi, video, multimedia pembelajaran, pengembangan dan produksi media pembelajaran budaya berbasis TIK, Ki Hajar Award, serta pengembangan jogja learning gateway dan layanan radio streaming.

Sedangkan untuk program kerja tahun 2013, terdapat beberapa program baru, diantaranya adalah pengembangan radio streaming, pengembangan pusat sumber belajar, diklat pengelolaan lab komputer, kemah ilmiah TIK, workshop PTK bidang TIK, dan pengembangan virtual school.

Khusus pada kegiatan monitoring dan evaluasi pemanfaatan TIK dalam KBM di sekolah, BTKP DIY menyampaikan hasil monev per kabupaten/kota yang dirangkum dengan grafis yang baik untuk dipresentasikan di hadapan para pengampu kebijakan di masing-masing Kabupaten/Kota. Dengan demikian harapannya hasil dari deseminasi ini bisa disebarluaskan di wilayah kerja masing-masing dan bisa membantu para pengampu kebijakan untuk mengambil kebijakan yang tepat terkait pemanfaatan TIK untuk pendidikan di tahun 2013. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.