Puncak Acara Peringatan Hari Aksara Internasional Ke 51 DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Puncak Acara Peringatan Hari Aksara Internasional Ke 51 DIY

DETAIL BERITA 28 November 2016 08:11 WIB,   Jurnalis: Eri-k ,   Dibaca : 412kali
  Foto :  
Share :

DIKPORA DIY - Makna terdalam dari peringatan Hari Aksara Internasional adalah seberapa jauh kita sebagai bangsa baik pemerintah maupun masyarakat pada umumnya bertekad dan berikhtiar secara berkelanjutan untuk menuntaskan saudara-saudara kita yang masih buta Aksara. Demikian sambutan tertulis Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X yang di bacakan oleh Endar Susilowati, SH selaku staf ahli Gubernur  Bidang Hukum, Pemerintah dan Politik Pemda DIY pada Puncak Acara hari Aksara Internasional Tingkat DIYyang berlangsung di GOR Among Rogo  (21/11/2016).

Lebih lanjut  Gubernur menjelaskan bahwa, tidak pernah ada kehidupan yang cerdas ditengah bangsa yang tidak mengenal Aksara. Pada gilirannya, kondisi seperti itupun tidak pernah mampu menghadirkan kehidupan yang sejahtera. Untuk itulah peringatan Hari Aksara Internasional ini memiliki arti penting. Sebab Aksara merupakan perwujudan salah satu amanat yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara Kepala Dinas DIKPORA, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan diadakannya Peringatan Hari Aksara adalah sebagai motivasi untuk pembangunan yang lebih bermanfaat.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, angka bebas buta aksara di DIY di tahun 2016 sudah mencapai 95 persen. Angka ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang baru mencapai 94,5 persen.

Aji sangat yakin, angka ini akan terus mengalami peningkatan pada tahun 2017. Sehingga, harapannya angka bebas buta aksara di DIY sudah di atas taget pemerintah pusat sebesar 95 persen.

“Tahun 2016 ini saja kita sudah bisa mencapai 95 persen, harapannya di tahun 2017 bisa di atas angka itu,” ungkap Aji.

Ditambahkan, angka buta aksara di DIY didominasi oleh penduduk yang berusia lebih dari 55 tahun. Sementara untuk penduduk usia sekolah, pihaknya memastikan semuanya bebas buta aksara. Untuk itu, perlu penanganan khusus untuk memberantas buta aksara di wilayah ini. Program pendidikan kejar paket diyakini akan sulit untuk memberantas buta aksara di kalangan penduduk berusia lanjut.

Aji berjanji akan melakukan berbagai upaya untuk menuntaskan angka buta aksara di DIY. Di antaranya dengan bekerjasama dengan kabupaten dan kota di DIY, dan membentuk tim koordinasi.

“Untuk menuntaskan pemberantasan buta aksara kami melakukan barbagai upaya, di antaranya lewat penandatanganan MoU dengan kabupaten/kota di DIY serta membentuik tim percepatan pemberantasan buta aksara,” imbuhnya.

``Lembaga PKBM Untuk  DIY berjumlah  217 lembaga, lembaga tersebut yang sudah terakreditasi sekitar 60 lembaga. Yang sudah dinilai kinerjanya 15 lembaga, kemudian yang dinilai kinerjanya dan mendapatkan nilai Terakreditasi A, satu-satunya di DIY adalah PKBM Mandiri Bantul``, ungkap Ketua PKBM Bantul, Yuli Sutanta.

Untuk memotivasi penyelenggara, tutor dan peserta didik agar semangat dalam pembelajaran, Dinas DIKPORA DIY menyelenggarakan kegiatan lomba antara lain Lomba Tutor Paket A, B, dan C, Lomba Penyelenggaraan Pendidikan Keaksaraan, Lomba Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan, Lomba Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Paket A,B dan C.

Acara Peringatan Hari Aksara Interasional ke-51 yang bertema ``Keberaksaraan untuk kehidupan yang bermartabat menuju masyarakat Jogja Istimewa`` ini dilaksanakan di Gedung Sasana Among Raga Yogyakarta juga di ikuti dengan pameran dari Rumpin Mata Aksara, Forum PKBM Kota Yogyakarta, Forum PKBM Bantul, Forum PKBM Gunung Kidul, Forum PKBM Sleman, Warlami dan Forum PKBM Kulon Progo.

Turut hadir dalam acara ini, Ibu GKBRAy   Paku Alam X, para tutor penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan peserta didik pendidikan keaksaraan yang berasal dari seluruh Kabupaten dan Kota se-DIY


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com