Forum Unggulan Mutu Pendidikan - dikpora.jogjaprov.go.id

Forum Unggulan Mutu Pendidikan

DETAIL BERITA 22 Desember 2016 09:12 WIB,   Jurnalis: Edy S ,   Dibaca : 669kali
  Foto : Kasi Perencanaan Kependidikan Dikpora DIY Bahtiar Nurhidayat  
Share :
Dikpora.DIY-Madrasah dan sekolah yang berkwalitas mesti mempunyai pendidik yang unggul. Artinya, pendidik mesti profesional dalam melakukan sistem belajar mengajar. Atas dasar hal tersebut Dinas Dikpora DIY dalam hal ini melalui Seksi Perencanaan Pendidikan pada hari Senin (19/12/2016) bertempat di ruangan  Sasana Mitra Dikpora DIY menggadakan  Forum Ungulan Mutu Pendidikan  Se- DIY.

Menurut Kepala Seksi Perencanaan Pendidikan Bahtiar Nurhidayat bahwa Kompetensi guru yang sangat mungkin untuk meningkatkan satu instansi pendidikan yang unggul yaitu kompetensi penguasaan mata pelajaran ; kompetensi dalam evaluasi ; kompetensi dalam pembimbingan ; kompetensi komunikasi dengan peserta didik ; serta kompetensi dalam mengevaluasi.

Dalam usaha meningkatkan kompetensi itu, guru mesti aktif belajar terus-terusan dengan senantiasa membaca fenomena sosial yang berlangsung di orang-orang, hingga evaluasi berbentuk faktual serta kontekstual. Guru harus juga dapat menilainya hasil belajar ranah kognitif, psikomotorik serta afektif siswa, serta bisa tahu siapa serta ranah apa sajakah yang belum dikuasai oleh siswa. Dengan hal tersebut guru pas berikan pencerahan kembali pada siswanya.Membuat guru yang profesional bisa dikerjakan oleh instansi pendidikan madrasah lewat sebagian bagian. Bagian awal yaitu persiapan evaluasi dalam arti guru mesti banyak membaca, serta ikuti pelatihan, kursus, seminar, workshop. Lebih terutama guru ikuti aktivitas pembuatan program kerja guru lewat MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).”tegas Bahtiar.

Bahtiar menambahkan bahwa Guru mesti dapat tanggap pada kesibukan evaluasi dengan lakukan beberapa aksi yang diperlukan siswa hingga maksud evaluasi bakal terwujud. Fungsi guru yang begitu utama itu dapat jadi potensi besar dalam memajukan atau tingkatkan mutu pendidikan. Guru yang betul-betul berlaku professional serta bisa mengelola dengan baik, pastinya mereka bakal semakin semangat dalam menggerakkan tugasnya, bahkan juga ikhlas lakukan inovasi-inovasi evaluasi untuk wujudkan.


Sebagai sekolah unggulan harus mampu memanfaatkan dan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang tersedia,salah satunya adalah tekhnologi informasi yang sudah di siapkan oleh balai tekkomdik DIY.”Tandasnya.Bahtiar menegaskan bahwa semua pendidik tidak canggung terhadap kemajuan tekhnologi yang demikian cepat,guru harus mampu memanfaatkan perangkat tekhnologi yang sudah ada di sekitar kita sebagai sumber belajar.”tutupnya.



Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com