Pengukuhan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Pengurus BAP PAUD dan PNF DIY Periode 2016-2021 - dikpora.jogjaprov.go.id

Pengukuhan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Pengurus BAP PAUD dan PNF DIY Periode 2016-2021

DETAIL BERITA 28 Februari 2017 10:02 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 513kali
  Foto : 12 pengurus BAP PAUD dan PNF DIY Periode 2016-2021  
Share :

DIKPORA DIY – Terkait dengan pentingnya akreditasi sebagai indikator utama dalam menentukan mutu penyelenggaraan pendidikan, dalam kesempatan ini  Gubernur DIY berkesempatan untuk mengukuhkan 12 orang pengurus BAP PAUD dan PNF DIY Periode 2016-2021, bertempat di Aula auditorium Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY ,yang  turut dihadiri oleh Sekretaris BAN PAUD dan PNF, Kakanwil Kemenag DIY dan Kepala Dinas Dikpora kabupaten/kota se-DIY serta perwakilan pendidik dan pengelola PAUD dan PNF di DIY.(senin, 27/02)

PAUD di nilai sangat penting dalam menentukan kualitas SDM di masa depan dan perlunya meluruskan persepsi mengenai penyelenggaraan PAUD menjadi dua hal yang digarisbawahi oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono X saat membacakan pidato sambutannya. Lebih lanjut gubernur menyampaikan bahwa PAUD merupakan proses pendidikan usia emas dimana perkembangan otak menempati posisi paling vital, mencapai 80%. PAUD semestinya disesuaikan dengan tahap perkembangan dan potensi anak dan diajarkan dengan cara bermain dan tidak merampas hak anak. Semua itu untuk melejitkan potensi anak dalam aspek-aspek motorik , bahasa, kognitif, dan emosional.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Disdikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji di hadapan Gubernur DIY, menyampaikan Untuk mengetahui sejauh mana mutu penyelenggaraan pendidikan PAUD dan PNF di DIY, maka sejak tahun 2011 BAN PAUD dan PNF telah melaksanakan akreditasi terhadap PAUD dan PNF yang ada di DIY. Secara statistik jumlah PAUD dan PNF di DIY yang telah diakreditasi terus mengalami pertumbuhan, dari hanya 45 lembaga di tahun 2011 dan di 2016 lembaga yang telah terakreditasi total berjumlah 995 lembaga. Namun jika dilihat dari jumlah nominal PAUD dan PNF di DIY yang hingga 2016 telah berjumlah 6286 lembaga, maka masih tersisa 5291 lembaga yang belum terakreditasi.

Usai pengukuhkan 12 pengurus periode 2016-2021 maka Selanjutnya  akan menjalankan tugas dan fungsi diantaranya Membantu BAN PAUD dan PNF dalam implementasi kebijakan akreditasi, melaksanakan program dan kegiatan pemerintah daerah terkait akreditasi PAUD dan PNF, melaksanakan sosialisasi kebijakan kriteria dan perangkat akreditasi program.

Gubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono X  juga menyerahkan sertifikat akreditasi secara simbolis kepada perwakilan berapa lembaga diantaranya, KBM Diponegoro Maguwoharjo, TK Bambini Montessori Jl AM Sangaji, LKP , TPA Ratnaningsih Bantul. Dimana untuk 2016 terdapat 195 lembaga PAUD dan PNF di DIY yang telah terakreditasi. Dari sejumlah itu, 110 merupakan lembaga yang berasal dari Kabupaten Bantul.

 

 

 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com