Dewan Pendidikan DIY Periode 2017-2022 Dikukuhkan Oleh Gubernur DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Dewan Pendidikan DIY Periode 2017-2022 Dikukuhkan Oleh Gubernur DIY

DETAIL BERITA 05 Juni 2017 01:06 WIB,   Jurnalis: Eri-k ,   Dibaca : 945kali


  Foto : Dewan Pendidikan DIY Periode 2017-2022  
Share :

“Selamat Berkarya dan dan mengabdi, karena mengabdi adalah perwujudan dari kata-kata”. Demikian ucapan yang disampaikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X usai mengukuhkan 12 orang pengurus Dewan Pendidikan serta menyaksikan penandatanganan naskah serah terima memori jabatan oleh Ketua Dewan Pendidikan (Dewandik) DIY lama kepada Ketua Dewandik DIY yang baru.

Kemarin pagi, Jumat (02/06) telah dilangsungkan acara Pengukuhan Dewan Pendidikan DIY untuk periode 2017-2022. Keputusan Gubernur DIY No.47/Kep/2017 tertanggal 24 Februari 2017 telah menetapkan susunan kepengurusan Dewan Pendidikan DIY yang baru dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Danisworo, menggantikan susunan kepengurusan lama di bawah kepemimpinan Prof. Emiritus Dr. Wuryadi MS yang telah berakhir masa tugasnya.

Selain bertugas untuk memberikan pertimbangan terhadap penentuan dan pelaksana kebijakan pendidikan serta melakukan pengawasan dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan sebagaimana yang telah disebutkan di dalam Keputusan Gubernur tersebut, Dewan Pendidikan DIY dengan kepengurusan yang baru diharapkan mampu mengungkap akar masalah yang ada di dalam dunia pendidikan, untuk kemudian membuat skala prioritas solusi dalam upaya meningkatkan mutunya. “ Dewan Pendidikan adalah personifikasi dari potensi dan harapan masyarakat terhadap dunia pendidikan yang bermutu”, ucap Ngarso Dalem.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakannya, Ngarso Dalem menyampaikan bahwa, dalam mewujudkan visi pendidikan 2025 Yogyakarta Pusat Pendidikan Terkemuka di Asia Tenggara, Dewan Pendidikan dan Disdikpora DIY diminta untuk melakukan benchmarking kemajuan pendidikan di negara-negara lain agar dapat diketahui mutu pendidikan di DIY dalam konstelasi dunia. Untuk kemudian membuat rancangan rencana strategis melalui tahapan-tahapan sasaran antara untuk menuju terwujudnya visi tersebut.

Tak kalah penting, dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan dua MoU. Yang pertama adalah MoU Profesor Goes To School dan Teacher Goes To Campus antara UGM, Dinas Dikpora DIY, dan Dewan Pendidikan DIY yang masing-masing diwakili oleh Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng, D.Eng ; Drs. R. Kadarmanta Baskoro Aji, MSi ; dan Prof. Dr. Danisworo.

MoU tersebut dilakukan untuk melibatkan kaum akademisi dalam rangka meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan melalui peningkatan kualitas guru pengajar. “Agar lulusan di Kabupaten tidak perlu lagi mencari sekolah favorit di Yogyakarta, dengan cara mengubah domisili dalam KTP”, papar Ngarso Dalem.

Selanjutnya dalam rangka meningkatkan kunjungan ke museum, juga dilakukan penandatanganan MoU Student Goes To Museum antara Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Dikpora DIY, Badan Musyawarah Museum DIY dan Dewan Pendidikan DIY. Untuk Dinas Kebudayaan DIY diwakili oleh Drs Umar Priyono M.Pd sementara untuk Badan Musyawarah Museum DIY diwakili oleh Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, MSc.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan Piagam Profesor Goes To School yang secara simbolis diserahkan kepada Prof Dr. Suratman MSc dan Prof. Emeritus Dr Wuryadi MS serta Dialog Gubernur dengan para profesor dan diakhiri dengan foto bersama.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com