Sarasehan Pendidikan Budaya Jawa Untuk Siswa - dikpora.jogjaprov.go.id

Sarasehan Pendidikan Budaya Jawa Untuk Siswa

DETAIL BERITA 06 Juni 2017 02:06 WIB,   Jurnalis: Edy S ,   Dibaca : 401kali
  Foto : Kepala Dinas Dikpora DIY R.Kadarmanta Baskara Aji  
Share :
Dikpora.DIY- Budaya Jawa sebagai budaya  masyarakat DIY harus dilestarikan dan dikembangkan.. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian budaya Jawa, utamanya menyadarkan siswa dan masyarakat untuk tetap nguri-uri dan ngurip-urip budaya Jawa. Oleh karena itu, mulai saat ini siswa dan masyarakat harus bangkit menggalakkan penggunaan budaya Jawa. Itulah ajakan Kepala Dinas Pendidikan DIY,  Drs. Kadarmanta Baskara Aji,  pada pidato pembukaan Sarasehan Pendidikan Budaya Jawa untuk Siswa, 19 Mey 2017, di Ndalem Puro Pakualaman Yogyakarta.

Sarasehan yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dikpora DIY menghadirkan  pembicara, yaitu Drs. Kadarmanta Baskara Aji, (Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga DIY ) Dalam paparannya yang berjudul " Sarasehan Pendidikan Budaya Jawa Untuk Siswa ", Drs.Kadarmanta Baskara Aji. menyampaikan bahwa budaya Jawa perlu ditanamkan secara utuh sejak anak-anak masih kecil. Penanaman budaya tersebut sekaligus juga penanaman etika dan tradisi yang mencerminkan kerja sama dan interaksi yang indah. Namun, upaya itu pasti ada hambatan yang mestinya dijadikan tantangan, yaitu kemajuan teknologi yang tidak seimbang dengan pemertahanan karakter, komunikasi yang kurang harmonis, keinginan memperoleh hasil yang serba cepat, dan lingkungan yang tidak mendukung. Oleh karena itu, pembiasaan penggunaan budaya Jawa di lingkungan siswa harus segera dilakukan.

Aji menyampaikan bahwa saat ini generasi muda kurang mencintai bahasa dan budaya Jawa karena banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama mencari upaya serta sarana agar bahasa dan budaya Jawa dicintai oleh generasi muda.

Dalam acara itu tercipta suasana diskusi yang hangat dan santai. Sampai akhir acara, peserta yang terdiri atas guru dan siswa , dan pemerhati bahasa Jawa masih antusias untuk berdiskusi. Hal itu menunjukkan bahwa sarasehan seperti ini memang mereka butuhkan.



Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com