PENJURIAN PERPUSTAKAAN SLTA TINGKAT NASIONAL DI SMA N 2 BANTUL DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

PENJURIAN PERPUSTAKAAN SLTA TINGKAT NASIONAL DI SMA N 2 BANTUL DIY

DETAIL BERITA 04 Agustus 2017 03:08 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 489kali
  Foto : PENJURIAN PERPUSTAKAAN SLTA TINGKAT NASIONAL DI SMA N 2 BANTUL DIY  
Share :

DIKPORA.DIY – Tim Juri Perpustakaan Nasional di dampingi kepala Dinas DIKPORA DIY dalam rangka penilaian dan pengarahan lomba perpustakaan SLTA tingkat Nasional, melakukan kunjungan ke SMA N 2 Bantul kamis (3/8).

Kepala Dinas DIKPORA DIY  Kadarmanta Baskara Aji  berharap lomba  perpustakaan nasional sebagai dorongan bagi sekolah untuk lebih baik dalam pengelolaan dan pengembangan perpustakaan “ pengelolaan perpustakaan tidak hanya tentang fisik, gedung dan koleksi bukunya namun juga pada meningkatkan minat baca siswa.”

Selain itu kepala Dinas DIKPORA DIY juga mengharapkan lomba ini akan bertitik balik untuk membentuk masyarakat luas khsusnya pendidikan SMA/SMK, SMP, SD dan PAUD untuk mengedepankan perpustaakn sebagi sumber belajar, mendorong prestasi akademik, karakter dan keterampilan siswa.” Kedepannya saya harap masyarakat dapat melihat dan memilih sekolah dan perpustakaanya terakreditasi A sebagai pilihan menyekolahkan anaknya.” Tambahnya.

Kepala Sekolah SMA N 2 Bantul Drs. Isdarmoko, M.Pd M.MPar mengatakan dalam sambutanya  perpustakaan Prapanca memiliki 16.000 lebih e-book dan 10 titik sudut baca yang strategis “diharapkan dengan adanya sudut baca dapat membantu siswa dan masyarakat yang berkunjung mengikuti budaya membaca dengan akses yang mudah dan strategis.” jelasnya.

 Sedangkan  kepala perpustakan Mardiman, S.Pd menyampaikan  perpustakaan Prapanca memiliki program unggulan yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS) program ini adalah membiasakan warga sekolah untuk membudayakan membaca, “kami warga sekolah setiap pagi 15 menit sebelum pelajaran membaca buku non pelajaran” jelasnya.

Dalam pengarahannya tim penilai Sudirman Hamid menyampaikan perpustakaan sekolah merupakan jantung sekolah dan perlombaan perpustakaan tingkat nasional untuk melihat pengembangan perpustakaan oleh pemerintah daerah. Beliau menambahkan “ lomba perpustkaan tingkat nasional bertujuan untuk melihat pengelolaan dan pengembangan perpustkaan tertutama pada budaya membaca bukan hanya fasilitasnya.”

Peserta lomba perpustakaan nasional 34 provinsi yang kemudian tinggal 10 provinsi yang masuk kategori untuk mengikuti seleksi selanjutnya termasuk Provinsi DIY yang nantinya akan presentasi ke Jakarta tambah Sudirman Hamid.

 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com