Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza - dikpora.jogjaprov.go.id

Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza

DETAIL BERITA 29 Agustus 2017 11:08 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 134kali
  Foto : Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza  
Share :

DIKPORA-DIY Penyebab gangguan kesehatan jiwa ada banyak hal, mulai dari kekerasan terhadap anak dan perempuan terutama kekerasan seksual, pornografi, penyalahgunaan Napza, kecanduan media elektronik, gangguan kejiwaan, tekanan psikologis, kepikunan dan sebagainya. Hal ini terjadi karena individu tersebut kurang mendapat perhatian atau terabaikan karena ketidakpahaman, kelelahan menghadapi, kurang peduli, ketersediaan dan akses pelayanan kesehatan jiwa yang sulit dijangkau sehingga menimbulkan depresi.

 

Tak hanya orang dewasa, depresi juga terjadi pada remaja yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), yang berasal dari berbagai kalangan berbeda. Kehidupan dan kebutuhan remaja saat ini dituntut untuk mengikuti kemajuan teknologi. Berbagai permasalahan remaja dari keluarga hingga lingkungan sekolah yang dapat menimbulkan reaksi menarik atau melarikan diri ke hal-hal yang negatif.

 

Pencegahan agar gangguan tersebut tidak terjadi, memerlukan pengertian dari orang tua dalam membentuk kepribadian remaja. Selain itu juga perlunya sekolah sebagai lembaga pendidikan, sangatlah penting untuk memberikan dan menanamkan nilai-nilai kepribadian selain memberikan bekal ilmu pengetahuan akademis.

 

Profesi yang mempunyai peranan penting terhadap pendidikan remaja adalah guru, yang merupakan pengganti orang tua saat di lingkungan sekolah. Dalam hal ini guru perlu membekali diri agar dapat memberikan pendidikan yang terbaik dalam membentuk generasi mendatang yang berkualitas.

 

Mengingat bahaya gangguan kesehatan Jiwa dan Napza, Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan mengadakan pertemuan yang didatangi  oleh tamu undangan yang terdiri dari Kepala Dinas Provinsi DIY, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DIY,Kepala Sekolah, dan Guru dari 4 Kabupaten di Kota Yogyakarta.

 

Upaya pencegahan masalah kesehatan jiwa dan napza ini juga disambut baik oleh Drs. R. Kadarmanto Baskara Aji, Kepala Dinas Pendidikan DIY, yang mengatakan bahwa cara pencegahan masalah kesehatan jiwa dan napza bisa dilakukan sejak dini. Oleh karena itu kesehatan jiwa tidak hanya memengaruhi aspek sosial dan perilaku seseorang. Kesehatan jiwa juga memegang peranan penting dalam aspek ekonomi, pendidikan hingga kejahteraan.

 

 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com