SMP Rujukan se DIY adakan Lomba Kompetensi Siswa - dikpora.jogjaprov.go.id

SMP Rujukan se DIY adakan Lomba Kompetensi Siswa

DETAIL BERITA 29 September 2017 03:09 WIB,   Jurnalis: Galih ,   Dibaca : 224kali
  Foto : Kadarmanta Baskara Aji Menyematkan Tanda Simbolis Kepada Perserta Lomba Kompetensi SMP Rujukan DIY  
Share :

DIKPORA_DIY. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) DIY secara resmi membuka kegiatan Lomba Kompetensi SMP Rujukan Se-DIY. Acara Pembukaan berlangsung di SMP N 5 Yogyakarta, siang ini (25/9/2017).

Kegiatan lomba ini baru pertama kali diselengarakan. Diikuti oleh 125 siswa yang berasal dari lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rujukan DIY, yaitu; SMP N 4 Pakem, SMP N 5 Yogyakarta, SMP N 1 Wonosari, SMP N 1 Bantul, dan       SMP N 1 Galur.

Matapelajaran yang dilombakan dalam kegiatan ini adalah Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris, Matematika, dan Karya Ilmiah Remaja, yang akan diselenggarakan dari tanggal 25 September - 5 Oktober 2017 mendatang.

Baskara Aji sangat mengapresiasi para Kepala Sekolah SMP rujukan di DIY, karna telah memiliki inisiatif dan keinginan untuk menyelengarakan lomba mata pelajaran untk SMP rujukan di DIY.

“Iklim kompetisi memang harus kita selenggarakan dalam rangka menciptakan suasana, kondisi, iklim pendidikan yang baik. Kompetisi yang dilakukan secara terus menerus akan menumbuhkan daya saing dan keinginan prestasi yang lebih baik”, kata Baskara dalam sambutanya.

Ketua paguyuban SMP Rujukan DIY, Drs. Edy Suwarno, MPd menyampaikan “tujuan dari kegitatan ini  adalah untuk meningkatkan budaya belajar melalui kegiatan lomba matapelajaran, meningkatkan budaya kompetitif antar siswa sebagai implementasi nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter, meningkatkan budaya kolaboratif antar sekolah rujukan dalam rangka pemenuha Standar Nasional Pendidikan, meningkatkan budaya kewirausahaan melalui kegiatan karya ilmiah remaja dengan memanfaatkan barang bekas sebagai wujud sikap kemandirian

Manfaat kegiatan tersebut diharapkan siswa terbiasa dalam budaya belajar dengan memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien, siswa maupun guru terbiasa dalam berkompetisi yang sehat dalam rangka meningkatkan prestasi akademik maupun nonakademik, pendidik dan tenaga kependidikan dapat saling berkolaborasi dalam mencapai standar pendidikan, serta siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan tumbuh rasa kewirausahaan sehingga bertanggungjawab dalam pemanfaatan fasilitas pembelajaran”, tambah edy.

Edy juga menyapiakan bahwa setiap peserta yang mengikuti perlombaan ini akan mendapatkan sertifikat atau piagam dari Kepala Dinas DIKPORA DIY, sedangkan bagi siswa berprestasi akan mendapatkan mendali emas, perak, maupun  perunggu sesuai pretasi yang dicapai. 

Berikut waktu pelaksanaan Lomba Kompetensi SMP Rujukan DIY:

25 September 2017 : lomba Matematika di SMP N 5 Yogyakarta,

2 Oktober 2017 : lomba IPA di SMP N 4 PAKEM

3 Oktober 2017 : lomba IPS di SMP N 1 Galur

4 Oktober 2017 : lomba B.Ingris di SMP N 1 Bantul

5 oktober 2017 : lomba Karya Ilmiah Remaja di SMP N Wonosari

Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com