Olimpiade Sains Mahasiswa Tingkat Nasional 2017, DISDIKPORA DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Olimpiade Sains Mahasiswa Tingkat Nasional 2017, DISDIKPORA DIY

DETAIL BERITA 12 Oktober 2017 01:10 WIB,   Jurnalis: Galih ,   Dibaca : 101kali
  Foto :  
Share :

DIKPORA_DIY. Hadirin kaget kemudian riuh bertepuktangan, ketika melihat sebuah gubug jerami terbakar, kejadian tersebut merupakan gambaran cerita Anoman membakar Negri Alengka Diraja pada pementasan Sendra Tari Ramayana. Pertunjukan tersebut mengakhiri serangkaian acara penutupan Olimpiade Sains Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2017, yang diselenggarakan oleh Dinas DIKPORA DIY di panggung pementasan komplek Candi Prambanan, (Rabu, 04/10/2017).

Olimpiade Sains Mahasiswa tingkat Nasional (OSN) yang berlangsung dari tanggal 2 sd 5 Oktober 2017 di Yogyakarta, diikuti oleh 300 an mahasiswa yang berasal dari 40 perguruan tinggi Se Indonesia. Olimpiade Sains ini melombakan Bidang Kimia, Biologi, Matematika dan Fisika.

Selain kegiatan lomba OSN panitia juga mengadakan city tour. Kegiatan city tour merupakan kunjungan ke beberapa objek wisata di DIY untuk mengenalkan Yogyakarta kepada para peserta OSN. Objek yang dikunjungi pada city tour kali ini  adalah Museum Kraton, Museum Merapi, dan Sendra Tari Ramayana.

Muhammad Hanif, salah satu peserta dari Universitas Jambi menyampaikan “dalam kegiatan ini panitia tidak hanya menguji kemampuan mahasiswa di bidang yang terkait, namun juga mengingatkan kami kepada sejarah dan juga budaya melalui kegiatan city tour.  Kami jadi sadar bahwa selain mengikuti perkembangan zaman, teknologi dan pengetahuan, kami tetap harus mengingat ke asal-usul yaitu budaya dan sejarah kami”.

Hanif juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini dinas pendidikan (DISDIKPORA DIY) sebagai satu-satunya provinsi di Indonesia yang berani menyelenggarakan OSN Mahasiswa Tingkat Nasional. “saya juga berterimakasih dengan adanya ivent ini, sehingga saya dapat mengunjugi kampung kalahiran Ibu saya”, ujar hanif. 

Secara umum tujuan OSN adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang sains baik dalam bentuk pemahaman maupun analisa, juga diarahkan sebagai salah satu sarana yang bersifat implementatif dan efektif dalam membina dan membangun karakter mahasiswa.

Dalam acara penutupan disampaikan pula hasil kejuaraan OSN yang dibacakan oleh Kepala Seksi Pendidikan Tinggi, Bp. Tri Widyatmoko. Setelah itu dilaksanakan  penyerahan tropi dan sertifikat kepada para juara,  oleh Kepala Dinas DIKPORA DIY, R Kadarmanta Baskara Aji.

Hasil kejuaraan OSN Mahasiswa tahun 2017 adalah :

Bidang

Juara

Peserta

Universitas

Matematika

1

Laurent Fitrus Wijaya

ITB

2

Alfina Badil Umam

UGM

3

Fineta Ambar Sutandar

ITB

 

 

 

 

Kimia

1

Muhammad Ridho Setiawan

ITB

2

Zafi Surya Pramana

UGM

3

Hendra

UGM

 

 

 

 

Biologi

1

Eka Paksi Wisnu Murti

ITB

2

Fatin Kamila Azhari

UNDIP

3

M Hanif Adi Endah

Universitas Jambi

 

 

 

 

Fisika

1

Destanto M Dias Putro

ITB

2

Muhammad Reza Nurohman

ITB

3

Priyan Jaya

ITB

 



Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com