POSPEDA DIY 2017 - dikpora.jogjaprov.go.id

POSPEDA DIY 2017

DETAIL BERITA 27 Oktober 2017 08:10 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 181kali
  Foto : pertandingan cabang tenis meja putra (meja 2) dan putri (meja 4  
Share :

DIKPORA-DIY. Yogyakarta, 26 Oktober 2017. Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA) DIY 2017 resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY-Drs. R Kadarmanta Baskara Aji bertempat di Gor Amongrogo kota Yogyakarta. Acara yang akan berlangsung pada 26-27 Oktober 2017 digelar di beberapa tempat antara lain di Gor Amongrogo, SMAN 1 Sewon, gedung Wahana Bakti Yasa, Lapangan 4 R Yogyakarta, Gelanggang Pemuda Surowajan, Koni DIY, Dinas Dikpora DIY dan Balai Serba Guna Gede.

 

Dasar penyelenggaraan acara ini antara lain adalah kesepakatan bersama antara Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Menteri Agama, Mentri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Pariwisata/Kepala Badan Pengembangan Pariwisata dan Kesenian, Nomor 060/MENPORA/2000, MA/178/2000, 28 Tahun 2000, 02/VII/P/2000, SKB02/NMPK/2000, Tentang Penyelenggaraan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesatren Tingkat Nasional.

 

"POSPEDA yang diselengarakan setiap tahun sekali merupakan salah satu wahana evaluasi bagi para santriwan dan santriwati dalam upaya mengembangkan prestasi melalui kegiatan olahraga dan seni baik di tingkat Daerah maupun Nasional" kata Drs. R Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya.

 

16 cabang olahraga dan seni diperlombakan dalam acara ini antara lain atletik, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, futsal, senam, Pencak silat, hadroh, seni musik islami, kaligrafi mushaf, seni lukis kalihrafi, pidato bahasa arab, pidato bahasa inggris, pidato bahasa indonesia, cipta puisi dan stand up comedy. Para peserta berasal dari 5 kabupaten dan kota di DIY yang semuanya adalah santri mukmin (bukan santri kalong) baik tsanawiyah/SLTP maupun Aliyah/SMA dengan jumlah keseluruhan 748 peserta dan 80 pelatih.

 

Adapun tujuan acara ini antara lain membangun insan yang beriman dan bertakwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas, unggul, sportif dan berdaya saing tinggi; Meningkatkan budaya olah raga dan seni bernuansa islami dalam rangka membina khasanah budaya bangsa; serta meningkatkan ukhuah islamiah di kalangan santriwan dan santriwati dalam rangka mengokohkan kesatuan bangsa. Harapannya prestasi pada POSPEDA kali ini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan POSPENAS VIII Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Palembang Provinsi Sumatra Selatan.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com