Aplikasi Khusus Untuk Penyandang Disabilitas di Musda PPDI DIY ke IV - dikpora.jogjaprov.go.id

Aplikasi Khusus Untuk Penyandang Disabilitas di Musda PPDI DIY ke IV

DETAIL BERITA 17 Februari 2018 06:02 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 414kali


  Foto : Penyerahan cendera mata oleh Dr. Idris, Ketua Yayasan Amikom, kepada Dr. Akhmad Soleh, S.Ag., M.Si. didampingi Drs. Pramujaya Hadi Prianto, M.Si.  
Share :
Ketua Yayasan Amikom Yogyakarta, Dr. Idris, mengatakan, Universitas Amikom Yogyakarta bekerja sama dengan Penerbit Andi Offset dan Bank Muamalat akan memberikan bantuan berupa aplikasi kepada para penyandang disabilitas. 

“Kami akan memberikan dua buah aplikasi untuk para disabilitas. Yang pertama berupa HP yang khusus kita buat untuk para penyandang disabilitas. Kedua, semacam kacamata yang mempunyai sensor untuk keluar rumah,” katanya, dalam pembukaan Musyawarah Daerah ke IV Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DIY,  dengan tema Wujudkan Pengarus utamaan Disabilitas Menuju Masyarakat Inklusi di Universitas Amikom Yogyakarta, Sabtu (17/2/2018).

Elik Hari Muktafin, salah satu penggagas aplikasi, mengatakan, aplikasi yang pertama bernama B-Smart, yakni smartphone layar sentuh dengan enam tombol dengan menggunakan huruf braile yang juga sekaligus sebagai tombol navigasi yang akan memberitahukan input kepada pengguna melalui audio.

Yang kedua adalah Gablind, kaca mata pintar dengan sensor yang berbasis perintah suara. Selain itu kaca mata ini juga bisa membaca tulisan dengan memberikan input registrasi berupa audio kepada pengguna.

Musyawarah Daerah ke IV Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DIY sendiri merupakan agenda pokok dalam progam PPDI DIY.  “Alhamdulillah acara terpenting dari PPDI ini bisa terselenggara meski dengan banyak sekali kendala yang ada. Sampai -Alhamdulillah- kita bisa difasilitasi oleh Yayasan Amikom Yogyakarta,” tutur Salim Haram, Ketua Panitia Penyelenggara.

Sementara itu, Dr. Akhmad Soleh, S.Ag., M.Si., Ketua DPD PPDI DIY, menyampaikan bahwa acara ini mempunyai dua agenda pokok, yakni Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus lama dan pemilihan pengurus baru. “Saya sudah dua periode memimpin PPDI ini. Rasanya sudah cukup tugas berat ini saya emban. Saya ingin fokus mengembangkan karir saya. Biar yang lain saja yang memimpin PPDI ini,” paparnya.

Acara ini rencananya akan dibuka langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Namun, beliau berhalangan hadir dan diwakilkan kepada Drs. Pramujaya Hadi Prianto, M.Si., Kabid. Perlindungan dan Rehsos Dinas Sosial DIY. Dalam sambutannya, Sri Sultan, atas nama Pemerintah Daerah DIY mengucapkan selamat bermusyawarah kepada seluruh peserta. Serta berharap agar para peserta dapat mengikuti musyawarah dengan baik dan lancar serta menghasilkan kepengurusan yang lebih baik dan solid lagi.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com