Kepala Sekolah dan Pkroktor Hadiri Pertemuan Terkait Tes PISA - dikpora.jogjaprov.go.id

Kepala Sekolah dan Pkroktor Hadiri Pertemuan Terkait Tes PISA

DETAIL BERITA 28 Februari 2018 09:02 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 1183kali


  Foto : Ketua Seksi Data dan Informasi Dinas Dikpora DIY, Agus Dwi Muchdiarto, S.H., M.M., membuka Pertemuan Kepala Sekolah dan Proktor se-DIY terkait Tes PISA.  
Share :

Ketua Seksi Data dan Informasi Dinas Dikpora DIY, Agus Dwi Muchdiarto, S.H., M.M., membuka Pertemuan Kepala Sekolah dan Proktor se-DIY terkait Tes Program for International Student Assessment (PISA) 2018, Selasa (27/2/2018). Acara ini sejatinya akan dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, namun berhalangan hadir.            

Agus, dalam paparannya mengatakan, tamu undangan yang diundang ialah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Balai Dikmen, Kemenag, Kepala Sekolah dan Madrasah, dan Proktor. “Kegiatan PISA ini sudah beberapa bulan yang lalu dimulai, dengan koordinasi yang difasilitasi baik dari Direktorat maupun Puspendik,” paparnya.

Perlu diketahui, PISA adalah penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga tahunan, untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun, dan penyelenggaraannya dilaksanakan oleh Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD). Tujuan dari studi PISA adalah untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak sekolah di seluruh dunia, dengan maksud untuk meningkatkan metode-metode pendidikan dan hasil-hasilnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Bidang Perencanaan dan Standarisasi, Didik Wardaya, S.E., M.M., menyampaikan, Tes PISA terakhir dilaksanakan pada tahun 2015. “Kebetulan pada waktu itu, Indonesia berada termasuk di posisi terbawah dari 70 negara,” tuturnya.

Didik menambahkan, hasil dari Tes PISA itu merupakan cerminan dari pendidikan yang ada di Indonesia. “Jadi hasil dari PISA itu adalah wajah dari Indonesia, potret pendidikan kita. Selain itu juga digunakan untuk meningkatkan ini, meningkatkan itu. Dan juga yang pasti untuk gengsi negara kita,” tambahnya. Oleh karena itu, lanjut Didik, berharap agar para guru memberikan semangat dan motivasi untuk para peserta didik.

Selain itu, Tes PISA, tambah Didik, juga dilaksanakan berdekatan dengan USBN dan UNBK pada bulan April meski belum pasti kapan tanggal pelaksanaannya. “Untuk itu kami berharap Bapak Ibu Guru untuk memmpersiapkan segalanya, terlebih lagi tenaga, kadangkala kita itu waktunya ada, tapi tenaganya yang tak ada, karena hasil inilah yang nanti akan menjadi potret pendidikan di Indonesia,” paparnya.

 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia