Kepala Dinas Dikpora DIY Buka Workshop Pengelolaan Arsip - dikpora.jogjaprov.go.id

Kepala Dinas Dikpora DIY Buka Workshop Pengelolaan Arsip

DETAIL BERITA 17 April 2018 09:04 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 950kali


  Foto : Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, saat membuka Workshop Pengelolaan Arsip di Lingkungan Dinas Dikpora DIY  
Share :

Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, membuka Workshop Pengelolaan Arsip di Lingkungan Dinas Dikpora DIY, Selasa (17/4/2018). Acara ini dikuti oleh 123 pertugas arsip yang terdiri dari SMA Negeri berjumlah 69 Orang, SMK Negeri berjumlah 49 Orang, dan Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten/Kota se-DIY berjumlah 5 Orang.

Aji, dalam sambutannya mengatakan pentingnya workshop pengelolaan arsip tersebut karena akan diisi oleh Badan Perpustakan dan Arsip Daerah (BPAD) meskipun cuma dilaksanakan selama satu hari. “Sebetulnya kalau kita lihat, ilmu tentang kearsipan itu perlu diklat selama 10 hari. Kalau 21 hari itu banyak santainya karena terlalu lama. Jadi, 4-5 hari itu untuk teorinya, 5-6 hari dipakai untuk praktek. Tapi ini cukup sehari saja. Dan kalau prakteknya disini (Dinas Dikpora DIY) itu paling gampang karena kita itu punya arsip paling banyak” paparnya.

Dinas dikpora DIY, lanjut Aji, berdasar penilaian dari Biro Umum dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) selalu masuk 5 besar bahkan pernah menjadi yang terbaik untuk pengelolalaan arsip. “Jadi, kalau kita mengundang Bapak Ibu sekalian itu rasanya kok sudah pantas karena kita sudah bisa membuktikan diri, meskipun tidak selalu menjadi yang terbaik,” tutur Aji. .

Aji juga berharap setelah acara worshop tersebut pengelolaaan arsip di sekolah bisa menjadi lebih baik lagi. “Ciri pengelolaan arsip itu baik ialah kalau ada pihak lain ingin tahu tentang surat atau dokumen tertentu itu tidak usah ditunda-tunda. Kadang ada yang menunda sampai seminggu. Lah yang seperti itu tidak baik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Aji juga beraharap kepada para peserta untuk selalu semangat mencipatakan tata kelola arsip yang terbaik di tempat masing-masing. “ini adalah kesempatan untuk menanyakan, mengklarifikasi, dan mengimplementasikan tentang ilmu-ilmu kearsipan yang akan sangat bermanfaat bagi sekolah untuk masa saat ini maupun yang akan datang. Semakin kita tertib mengelola arsip maka kita sudah meninggalalkan sesuatu yang sangat berarti untuk generasi selanjutnya,” imbuh Aji.

Sementara itu, Plt. Kepala Bagian Umum, Sri Nur Hayati, S.Ip., selaku penyelenggara, dalam laporannya memaparkan bahwa workshop tersebut mempunyai tujuan, diantaranya: meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas arsip dari SMAN/SMKN dan Balai Dikmen Kabupaten/Kota se-DIY serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman petugas arsip dari SMAN/SMKN dan Balai Dikmen Kabupaten/Kota se-DIY. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia