Alamat website DIKPORA DIY dari www.pendidikan-diy.go.id pada 2019 akan off dan menjadi www.dikpora.jogjaprov.go.id

Finlandia Jajaki Kerja Sama Pendidikan dan Energi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Finlandia Jajaki Kerja Sama Pendidikan dan Energi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY

DETAIL BERITA 23 Juli 2018 03:07 WIB,   Jurnalis: Erik.jogja ,   Dibaca : 154kali


  Foto : Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X & Pirjo Liisa Heikkila di Gedhong Wilis  
Share :

Kedutaan Besar Finlandia berkeinginan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dalam bidang pendidikan dan energi. Jogja sebagai daerah yang masih terus melakukan pembangunan menjadi alasan Finlandia dalam menjalin kerja sama.

“Saya hadir di sini sebagai representasi dari negara-negara Nordik, yakni Finlandia, Denmark, Islandia, Norwegia dan Swedia. Kami bulan depan berencana menyelenggarakan Nordic Show bersama negara-negara Nordik lainnya di Yogyakarta. Karena itu saya hadir mendiskusikan kesempatan kerja sama dengan Pemda DIY untuk kegiatan ini,” ujar Kepala Urusan Politik dan Diplomasi Publik Kedutaan Besar Finlandia, Pirjo Liisa Heikkila, Rabu (07/03).

Usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta, Kepala Urusan Politik dan Diplomasi Publik Kedutaan Besar Finlandia mengatakan, pertemuan tersebut juga dalam rangka memperkenalkan berbagai solusi pemecahan masalah energi dan pendidikan yang dimiliki negara-negara Nordik.

“Dari kegiatan bulan depan nanti, kami juga berharap bisa semakin mengkonkretkan bentuk kerja sama dengan Jogja. Kenapa Jogja? Karena di Jogja juga banyak universitas, serta punya fokus ke bidang pendidikan seperti kami. Selain itu, pembangunan di Jogja masih banyak, jadi kami melihat masih banyak kesempatan untuk dikerjasamakan,” imbuh Kepala Urusan Politik dan Diplomasi Publik Kedutaan Besar Finlandia.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Budi Wibowo, SH., MM., mengatakan, Gubernur DIY menyambut keinginan Finlandia bekerja sama di bidang pendidikan dan energi. Namun secara khusus Gubernur DIY juga menyampaikan bagaimana agar Finlandia membantu Pemda DIY merealisasikan water treatment.

Karena mereka spesialis di water treatmentjadi Gubernur DIY berharap ada semacam penjajakan dulu di Jogja. Selain itu, harapannya Finlandia juga bisa membantu industri menengah ke bawah di Jogja. Gubernur berharap ada teknologi tepat guna yang bisa direalisasikan untuk industri menengah ke bawah,” imbuh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY menambahkan, Pemda DIY berharap pihak kedutaan besar Finlandia bersama para teknisi handalnya bisa berkunjung kembali untuk penjajakan water treatment di Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. Selain itu, Gubernur DIY juga menawarkan pengembangan pemasaran industri Kopi Merapi di Finlandia.

“Potensi pasar di sana baik karena satu orang di FInlandia rata-rata meminum kopi 12kg pertahun. Kalau Kopi Merapi taste-nya bisa cocok dengan orang Finlandia kan luar biasa. Kebetulan Duta Besar Indonesia di Finlandia juga sudah sanggup memasarkan Kopi Merapi. Dan rencananya Januari 2019 nanti, Gubernur DIY akan ke Finlandia dalam rangka memasarkan produk lokal Jogja di sana,” imbuh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com