Kepala Dinas Dikpora DIY Jelaskan Perbedaan Pungutan dan Sumbangan - dikpora.jogjaprov.go.id

Kepala Dinas Dikpora DIY Jelaskan Perbedaan Pungutan dan Sumbangan

DETAIL BERITA 27 Juli 2018 08:07 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 572kali


  Foto : Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, memberi pengarahan dalam Bimtek Penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) SMA/SMK N 2019  
Share :

Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, dalam Bimtek Penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) SMA/SMK Negeri 2019 yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri se-DIY mengeluhkan seringkali ketika tahun ajaran baru menyisakan sesuatu yang menjadi sorotan banyak orang.

“Saya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, tapi sudah sepatutnya kita juga sudah harus mengikuti perkembangan zaman yang serba terbuka. Harus ada tranparansi,” tuturnya.

“Dalam prakteknya, masih ada beberapa sekolah yang mengharuskan siswanya membeli seragam di sekolah. Padahal itu salah, dan melanggar aturan sesuai dengan surat edaran saya tentang larangan adanya pungutan,” imbuhnya.

Aji juga menjelaskan perbedaan sumbangan dan pungutan dalam pandangannya. Menurutnya, jika dana itu banyak yang mengadu dan protes maka itu bukan sumbangan, melainkan pungutan.

“Saya mendapat aduan dari warga tentang penarikan dana di beberapa sekolah. Itu berarti saya simpulkan merupakan pungutan, bukan sumbangan karena ada komplain,” jelasnya. 

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 10 ayat (1) dijelaskan bahwa Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan. Kemudian pada pasal 10 ayat (2) disebutkan bahwa penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berbentuk bantuan dan/atau sumbangan, bukan pungutan.

Yang dimaksud dengan Bantuan Pendidikan adalah pemberian berupa uang/barang/jasa oleh pemangku kepentingan satuan pendidikan di luar peserta didik atau orang tua/walinya, dengan syarat yang disepakati para pihak. Sumbangan Pendidikan adalah pemberian berupa uang/barang/jasa/ oleh peserta didik, orang tua/walinya, baik perseorangan maupun bersama-sama, masyarakat atau lembaga sevara sukarela, dan tidak mengikat satuan pendidikan. Kemudian Pungutan Pendidikan adalah penarikan uang oleh Sekolah kepada peserta didik, orang tua/walinya yang bersifat wajib, mengikat, serta jumlah dan jangka waktu pemungutannya ditentukan.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia