Alamat website DIKPORA DIY dari www.pendidikan-diy.go.id pada 2019 akan off dan menjadi www.dikpora.jogjaprov.go.id

Acara Pembukaan Duta Seni Pelajar Nusantara 2018 - dikpora.jogjaprov.go.id

Acara Pembukaan Duta Seni Pelajar Nusantara 2018

DETAIL BERITA 27 Juli 2018 07:07 WIB,   Jurnalis: Lisebet ,   Dibaca : 182kali


  Foto : Delegasi DSP 2018 bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin paduan suara dari SMM Yogyakarta  
Share :

Pada tanggal 17 Juli 2018, dilaksanakan acara pembukaan Duta Seni Pelajar Nusantara (DSP) yang berlokasi di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta. Acara ini dimulai pada pukul 20.00 WIB dan diikuti oleh 265 delegasi yang mewakili enam provinsi yaitu Provinsi Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan tak ketinggalan provinsi tuan rumah yakni D.I. Yogyakarta. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat Dikpora DIY, diantaranya Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, yang juga memberikan sambutan pembuka bagi peserta DSP 2018.

            Sebagai pengantar acara, video-video dokumentasi dari masing-masing kontingen diputar dihadapan para delegasi yang sudah siap di dalam ruangan. Kemudian acara ini dibuka dengan yel-yel yang disorakkan oleh masing-masing kontingen secara bergiliran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh paduan suara dari SMM Yogyakarta. Acara kemudian disambung dengan serangkaian jadwal seperti sambutan, tari selamat datang, dan lain-lain.

            Acara ini merupakan pembukaan dari serangkaian acara DSP 2018 yang berlangsung dari tanggal 17-20 Juli 2018. DSP yang pertama kali diselenggarakan di Bali pada tahun 2000 ini merupakan kesepakatan antar provinsi Jawa-Bali yang bertujuan untuk mengumpulkan pelajar-pelajar tingkat SMA dan sederajat dari setiap provinsi yang memiliki bakat tertentu dalam bidang seni, khususnya seni tradisional Indonesia. Melalui acara ini diharapkan agar setiap delegasi yang hadir dapat menjadi duta-duta seni pelajar yang dapat terus menjaga seni asli Indonesia guna memeperkuat identitas bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya. Tema yang diusung pada DSP 2018, yang juga dijadikan sebagai jargon, adalah “Mencetak Generasi Muda yang Berprestasi dan Berbudaya”. Melalui acara ini setiap delegasi akan saling mengenalkan dan belajar mengenai seni-seni daerah juga bertemu dan menjalin relasi dengan teman-teman dari daerah lain. Setelah acara ini selesai para delegasi tidak lagi membawa titel provinsi tertentu saja, tetapi membawa identitas sebagai anak-anak Indonesia yang satu sesuai dengan Pancasila. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com