Alamat website DIKPORA DIY dari www.pendidikan-diy.go.id pada 2019 akan off dan menjadi www.dikpora.jogjaprov.go.id

Sambut Asian Games, Kejuaraan Nasional Panahan digelar di DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Sambut Asian Games, Kejuaraan Nasional Panahan digelar di DIY

DETAIL BERITA 29 Juli 2018 05:07 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 146kali


  Foto : Para Peserta Lomba Siap Melepaskan Anak Panah  
Share :

Untuk menyambut, mendukung, dan menyukseskan Asian Games 2018 Kementerian Pemuda dan Olaharaga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bekerja sama dengan Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Gebyar Sedulur Panahan Jogja yang diselenggarakan di Lapangan Panahan Kenari, Jl. Kenari Umbulharjo Yogyakarta, Minggu (29/07/2018).

Kejuaraan ini diikuti oleh 510 Peserta yang mengenakan pakain adat dari berbagai daerah masing-masing dari 12 Provinsi yang ada di Indonesia, meliputi: Kalimantan Barat, Lampung, Riau, Jambi, Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI. Yogyakarta, yang akan memperbutkan hadiah total senilai Rp50 Juta. Kejuaraan ini terbagi dalam 5 kategori, yakni: Jemparingan SD pa/pi 15 m, Jemparingan SMP pa/pi 20 m, Jemparingan Umum pa/pi 30 m, Barebow pa/pi 30 m, dan Horsebow pa/pi 30 m.

Sebelum perlombaan dimulai, acara ini diawali dengan opening ceremony terlebih dahulu. Hadir beberapa pejabat terkait yang juga memberikan sambutan, diantaranya: Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Deputi Pengembangan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI), Sandi Suwardi Hasan, S.Ag., M.Si; Ketua Umum Komite Olaharaga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Prof, Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.; dan Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Ir. Edy Wahyudi, M.Pd,.

Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Deputi Pengembangan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI), Sandi Suwardi Hasan, S.Ag., M.Si, secara resmi membuka acara pembukaan mewakili Menteri Pemuda dan Olahrga, Imam Nachrawi, S.Ag.

Dalam sambutannya, Sandi menyampaikan salam kepada para peserta dan segenap panitia penyelenggara dari Menteri Pemuda dan Olahrga, Imam Nachrawi, karena tidak bisa hadir untuk membuka acara. Sandi mengatakan, kejuaraan tersebut dilaksanakan untuk memeriahkan Asian Games 2018 yang bertempat di Indonesia sebagai Tuan Rumah yang diikuti oleh 48 Negara dari seluruh kawasan Asia dengan mempertandingan 40 Cabang Olahraga. Akan hadir dalam Asian Games tersebut 16.000 Atlet dan Official dan 6000 Wartawan dari berbagai Negara.

“Asian Games merupakan hajat besar Bangsa Indonesia karena menyangkut harkat dan martabat Bangsa Indonesia, oleh karena itu, perlu disemarakkan dengan berbagai acara termasuk diantaranya Kejuaraan Nasional Panahan semacam ini,” paparnya.

Sandi juga berharap kejuaraan panahan semacam itu bisa terus dikembangkan semacam karnaval Jember yang diselenggarakan selama 3 hari dan dihadiri lebih dari 3000 Jurnalis Internasional, dengan memadukan berbagai kerajinan, keterampilan, dan berbagai kekayaan bangsa dengan dikemas dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan tema-tema tradisional yang menjadi ciri khas DI. Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Ir. Edy Wahyudi, M.Pd., mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olaharaga (Dikpora) DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, menyampaikan selamat dan terimakasih kepada semua pihak yang telah berhasil menyelenggarakan acara tersebut.

Edy berharap bahwa dengan momen kejuaaran tersebut bisa menjalin sillaturrahim antar anak bangsa, dan mempererat persatuan dan persaudaraan melalui even Gebyar Sedulur Panahan Jogja.

Dalam kesempatan lain, Ketua Umum Komite Olahrga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Prof. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., dalam sambutannya memohon dukungan kepada masyarakat DI. Yogyakarta dan para peserta panahan pada khususnya untuk kelancaran dan kesuksesan Asian Games 2018 serta dapat memenuhi target masuk 10 besar.

Djoko juga berharap kepada para peserta untuk selalu menjaga sportivitas dan persaudaran. “Kalau nanti misalnya nanti ada kekeliruan dan hal yang tidak sesuai dengan harapan untuk tidak melakukan protes secara berlebihan agar tidak merusak persaudaraan diantara kita. Yang penting persaudaraan tetap terjaga. Itu yang utama,” paparnya dihadapan para peserta.  


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com