Kepala Dinas Dikpora DIY Buka Workshop Analisis Peta Kebutuhan Industri Wilayah - dikpora.jogjaprov.go.id

Kepala Dinas Dikpora DIY Buka Workshop Analisis Peta Kebutuhan Industri Wilayah

DETAIL BERITA 07 Agustus 2018 04:08 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 356kali


  Foto : Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara AjI, memberikan sambutan dalam Workshop Analisis Peta Kebutuhan Industri/Keunggulan Wilayah, Identifikasi dan Pemetaan SMK Sekitar  
Share :

Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara AjI, membuka secara resmi Workshop Analisis Peta Kebutuhan Industri/Keunggulan Wilayah, Identifikasi dan Pemetaan SMK Sekitar, yang diadakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, Selasa (7/8/2018).

Dalam sambutannya, Aji mengajak kepada para guru untuk meniru sistem pendidikan yang ada di Finlandia, Latvia, dan Estonia dalam pengembangan SMK. Di ketiga Negara itu juga terdapat sekolah semacam SMK yang ada di Indonesia. “Lulusan sekolah semacam SMK disana ternyata sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi teknologi 10 tahun ke depan. Berarti dia 10 tahun lebih cepat dari kebutuhan industri,” jelasnya di hadapan para peserta yang hadir.

Aji juga menjelaskan beberapa permasalahan yang ditemui dalam pengembanagan SMK, diantaranya bahwa masyarakat Indonesia belum terbiasa merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Banyak ditemukan siswa SMK yang tidak sesuai masuk ke jurusannya hanya karena mengikuti zonasi. “sebagai contoh, misalnya, Ada anak yang kemampuannya sebenarnya itu menggambar, tapi dia mengambil desain, karena kan desain memang lagi ngetrend. Akhirmya dia tidak naik kelas. Ini yang sulit, dan mari kita ubah kebiasaan-kebiasaan itu,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Aji juga menekankan kepada para guru bahwa untuk menghilangkan gap antara kebutuhan dunia industri dan lulusan SMK bukan hanya dari sisi kompetensinya saja, melainkan juga harus mempersiapkan mental anak untuk masuk dalam dunia kerja. “Saya senang di beberapa perusahaan yang saya datangi, anak-anak Jogja itu paling betah bekerja,” ujar Aji memberikan apresiasi kepada para guru yang menandakan bahwa mereka sudah mempersiapkan mental anak didik dengan baik.  

Aji juga berharap kepada para guru jangan sampai memutuskan hubungan silaturahim dengan alumni yang sudah bekerja di suatu perusahaan. “Karena nanti suatu saat Bapak Ibu itu punya kepentingan untuk menitipkan adik-adik kelasnya untuk masuk kesana,” paparnya kepada para guru yang hadir.

Selain itu, Aji juga berharap dari workshop ini para guru bisa mendapatkan jalan keluar dan mengagapai cita-cita untuk mengubah posisi mempersiapkan lulusan SMK menjadi dua atau tiga langkah lebih maju dari kebutuhan industri. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia