1.000 Sekolah Akan Dipilih Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DIY Pada Program Hidup Sehat Melalui Air pada Hospital Social Responsibility (HSR) - dikpora.jogjaprov.go.id

1.000 Sekolah Akan Dipilih Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DIY Pada Program Hidup Sehat Melalui Air pada Hospital Social Responsibility (HSR)

DETAIL BERITA 23 Agustus 2018 01:08 WIB,   Jurnalis: Erik.jogja ,   Dibaca : 392kali


  Foto : -  
Share :

Yogyakarta (23/08/2018)  – Penyakit ginjal merupakan urutan ke-2 yang memakan biaya kesehatan paling banyak.  Untuk mengantisipasinya, Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) akan mengadakan program hidup sehat melalui air pada hospital social responsibility (HSR) bekerjasama dengan Pemda DIY.

“Kami menarget seribu SD dan SMP dengan cara mendidik anak sekolah dalam mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Nantinya akan dijelaskan jenis-jenis sumber air yang baik untuk dicerna tubuh,” ujar Ketua Persi DIY Dr dr Darwito SH SpB (K) Onk usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (23/08).

Gubernur DIY menerima kunjungan Persi didampingi Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembajun Setyaningastutie MKes dan Grace Celia (perwakilan Persi pusat).

Darwito menambahkan, 1.000 sekolah akan dipilih oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DIY.  Di tempat yang sama, Grace menuturkan program tersebut akan melatih guru di 1.000 sekolah terkait ilmu tentang hidup sehat melalui air.  Ilmu itu nantinya diharapkan dapat diteruskan kepada dokter kecil.

“Dokter-dokter kecil itu dengan cara peer group (teman sebaya) akan mengedukasi seluruh siswa tentang hidup sehat,' imbuhnya.

Diungkapkan Darwito, Ngarsa Dalem sangat mendukung program ini. Ngarsa Dalem sependapat bahwa kesehatan dan SDM sangat penting bagi keberlangsungan bangsa, oleh karena itu sangat mendukung HSR.

Dengan mengonsumsi air berkualitas dalam jumlah cukup, kata Darwito, generasi mendatang yang saat ini masih duduk di bangku sekolah diharapkan dapat terhindar dari penyakit ginjal. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia