Mendikbud Secara Resmi Buka O2SN XI DIY 2018 - dikpora.jogjaprov.go.id

Mendikbud Secara Resmi Buka O2SN XI DIY 2018

DETAIL BERITA 17 September 2018 10:09 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 364kali


  Foto : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P., saat meberikan sambutan  
Share :

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P., secara resmi membuka Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) XI 2018 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (17/9/2018) Pagi. Acara dibuka dengan melepaskan anak panah ke arah sasaran sebagai tanda bahwa O2SN XI 2018 resmi dibuka. 

Muhajir, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Istemewa Yogyakarta karena telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggra O2SN XI 2018 .

“Atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah berkenan menjadi tempat penyelenggaran O2SN pada tahun ini,” kata Muhajir mengawali sambutannya.

Muhajir juga mengatakan, O2SN pada tahun ini terasa istemewa karena dilaksanakan di tengah-tengah Indonesia yang dipercaya menjadi penyelenggara Asian Games dan Asian Para Games 2018 dan juga sukses sebagai salah satu peserta pada Asian Games.

“Kita patut bersyukur dan berbangga, Indonesia sebagai tuan rumah telah menunjukkan keberhasilannya di dua bidang sekaligus, yaitu berhasil menjadi penyelenggara yang sukses dan berhasil menjadi salah satu satu peserta,” imbuhnya didepan para atlet, pendamping, dan ofisial dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

Indonesia, menurutnya, patut bersyukur karena pada penyelenggaran Asian Games sebelumnya Indonesia hanya menempati posisi ke 17, sementara di tahun ini Inonesia berhasil naik ke peringkat 4. Keberhasilan itu tidak lain salah satunya berkat sumbangsih dari para alumni O2SN.

“Sebagain mereka yang menyumbangkan medali, termasuk medali emas adalah alumni O2SN ini,” kata Muhajir memberikan motivasi kepada para atlet yang teridiri dari siswa-siswi SD. SMP, SMA, SMK, dan PKLK.

Muhajir juga berharap kepada semua atlet untuk memberikan penampilan dan prestasi terbaik pada O2SN kali ini supaya bisa mewakili Indonesia di even-even internasional yang akan datang. “Bukan tidak mungkin apa yang anda capai di O2SN ini akan dicatat oleh tim pemandu bakat untuk nanti disiapkan mengikuti olimpiade atau bukan hanya event nasional saja, tapi juga event-event internasional yang akan datang,” terangnya.

Indonesia juga sedang bersiap-siap menyambut Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, dan diharapkan alumni O2SN juga bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia.

“Kita berharap alumni-alumni O2SN juga akan ikut ambil bagian dalam event Olimpiade nanti,” harap Muhajir kepada seluruh atlet.

Muhajir juga menegaskan pentingnya kejujuran, sportivitas, dan usaha keras dari pada hanya sekedar gelar juara. “Untuk menjadi nomor satu dalam O2SN memang sangat penting, tetapi dicapai dengan cara jujur, sportif, usaha keras dan percaya diri itu jauh lebih penting dari pada yang nomor satu itu,” katanya.

“Karena di mata saya, kalian semua yang hadir disini, dari kontingen manapun, dari daerah manapun, sesungguhnya kalian semua adalah yang nomor satu. Hari ini nomor satu belum tentu besok nomor satu. Hari ini bukan siapa-siapa, siapa tahu dengan kerja keras kalian nanti akan menjadi yang nomor satu,” imbuhnya memberi semangat kepada 1938 siswa siswi terbaik dari seluruh Indonesia. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia