Tari Bekakak Pungkasi Penutupan O2SN XI 2018 - dikpora.jogjaprov.go.id

Tari Bekakak Pungkasi Penutupan O2SN XI 2018

DETAIL BERITA 22 September 2018 09:09 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 487kali


  Foto :  
Share :

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) XI 2018 resmi ditutup oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di GOR Amongrogo Yogyakarta, Jumat (21/9/2018). Perhelataan  ini memunculkan Provinsi Bali sebagai juara umum dengan perolehan 16 medali emas, 4 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Penyerahan piala juara umum langsung diberikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dengan didampingi oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D., dan Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji.

Setelah penyerahan piala itu, kegiaatan penutupan O2SN XI 2018 dengan penampilan tari bekakak oleh Duta Seni Pelajar Jogja.

Saparan bekakak merupakan sebuah upacara adat yang digelar oleh masyarakat Ambarketawang, Gamping, sleman, pada setiap tahun dibulan sapar dalam kalender jawa, guna mengenang jasa seorang abdi ndalem kesayangan Sri Sultan HB I, yakni Ki Wirosuto.

Ki Wirosuto meninggal setelah tertimpa reruntuhan batu gamping. Setelah kejadian meninggalnya Ki Wirosuto tersebut, Sri Sultan HB I memberikan titah kepada rakyat Ambarketawang, agar masyarakat menggelar saparan bekakak.

Bekakak merupakan bentuk wujud sepasang manusia yang terbuat dari nasi ketan, berisi gula jawa, sebagai perwujudan Ki Wirosuto dan istrinya.

Kontan pertunjukan itu membuat para kontingen dari berbagai daerah berdecak kagum dan tidak mau ketinggalan untuk mengabadikan pertunjukan yang sudah menjadi agenda wisata Yogykarta setiap bulan sapar tersebut.

Pertunjukkan itu juga disaksikan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia