Wakili Mendikbud, Dirjen Dikdasmen: O2SN Adalah Puncak Prestasi Siswa, Tapi yang Paling Penting Adalah Merekatkan Nasionalisme - dikpora.jogjaprov.go.id

Wakili Mendikbud, Dirjen Dikdasmen: O2SN Adalah Puncak Prestasi Siswa, Tapi yang Paling Penting Adalah Merekatkan Nasionalisme

DETAIL BERITA 22 September 2018 09:09 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 257kali


  Foto :  
Share :

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI, Hamid Mahmud, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhajir Effeny, M.A.P, mengatakan, O2SN ialah puncak prestasi bagi seluruh siswa yang ada di Indonesia untuk menampilkan prestasi masing-masing untuk memberikan yang terbaik, termasuk untuk sekolah.

“O2SN ini merupakan puncak prestasi dari anak-anak didik kita dari seluruh Indonesia, yang tujuannya memang kita ingin agar anak-anak kita ini bisa menampilkan prestasi masing-masing, potensi masing-masing, bakat masing-masing, sehingga bisa mereka menyumbangkan yang terbaik sebagai bagian dari prestasi anak-anak kita, dan sekolah-sekolah kita,” kata Hamid dalam sambutannya.

Selain itu, Hamid, juga menjelaskan pentingnya O2SN untuk merekatkan rasa nasionalisme, kebersamaan dan kebangsaan antar anak bangsa, bukan hanya menampilkan puncak prestasi.

“Tapi yang paling penting sebenarnya, selain menampilkan puncak prestasi, selain menanamkan pendidikan karakter, tetapi yang paling penting adalah bagaimana kita merekatkan rasa nasionalisme, rasa kebersamaan, dan rasa kebangsaan antar anak-anak kita di seluruh Indonesia ini,” imbuhnya mewakili Mendikbud, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P., yang berhalangan hadir.

Hamid juga bersyukur karena peraih piala juara umum bisa berger ke daerah yang tanpa diduga sedikitpun. Hal tersebut tiada lain seperti yang diharapakan dan diusahakan oleh Kemendikbud untuk menyama ratakan prestasi olahraga di seluruh Indonesia.

“Saya juga mendengar bahwa sebagain medali emas yang diperoleh oleh anak-anak kita, mulai tersebar ke luar pulau jawa. Dan ini yang kita harapkan ke depan. Semakin banyak anak-anak kita yang berpretasi, dari manapun juga, yang bisa menampilkan prestasi-prestasi terbaik dari anak-anak kita,” papar Hamid.

“Oleh karena itu, marilah kita sebarkan dan upayakan gairah pembinaan olahraga di sekolah-sekolah kita, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB, mulai klub-klub olahraga dan kelas-kelas olahraga, marilah kita upayakan prestasi anak-anak kita ini dapat kita kembangkan seoptimal mungkin ” imbuhnya mengajak para Guru dan Kepala Sekolah seluruh Indonesia.

Hamid juga berharap kepada para pengurus cabang olahraga di bawah KONI supaya para atlet bisa terus dikembangkan, dipupuk, dan dilatih, agar kelak mereka menjadi atelt-atlet nasional.

Hamid menegaskan bahwa O2SN tahun ini tidak hanya berhenti di tingkat nasional saja, melainkan juga ada satu cabang olahraga yang selalu dikirimkan ke tingkat internasional, yaitu olahrga karate, yang akan dikirim pada minggu ketiga bulan November mendatang.

“Tahun ini para pemenang karate mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA, akan bertanding di kejuaraan karate internasional, di Belgia, rencananya, pada minggu ketiga bulan November,” jelasnya.

Menurutnya, hanya karate lah satu-satunya cabang olahrga yang bisa dikirimkan ke tingkat internasional. “Dan alhamdulillah, setiap tahun anak-anak kita tidak mengecewakan,” syukurnya atas prestasi kontingen karate yang dikirimkan ke tingkat internasional.

Hamid mengatakan akan terus mengupayakan supaya olahraga-olahragaa lain bisa juga dikirim ke tingkat internasional. “Mudah-mudahan upaya ini bisa kita terus tingkatkan ke depan, sehingga anak-anak kita yang kita pupuk melalui O2SN bisa menjadi bibit-bibit terbaik bagi atlet nasional kita,” harapnya di depan para kontingen terbaik dari siswa SD, SMP, SMA, dan SMK dari seluruh Indonesia.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia