PGRI DIY Ikuti Audiensi dengan Puspanlak UU Badan Keahlian DPR RI - dikpora.jogjaprov.go.id

PGRI DIY Ikuti Audiensi dengan Puspanlak UU Badan Keahlian DPR RI

DETAIL BERITA 23 Oktober 2018 07:10 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 158kali


  Foto : Pengrus PGRI sedang melakuakan audiensi dengan Puspanlak UU Badan Keahlian DPR RI  
Share :

Kepala Pusat Pemantauan Pelaksanaan Undang-Undang (Puspanlak UU) Badan Keahlian DPR RI, Rudi Rochmansyah, S.H., M.H., mengatakan, Puspanlak UU merupakan salah satu pusat di Badan Keahlian DPR RI yang bertugas untuk memberikan dukungan ahli terkait fungsi pengawasan DPR RI terhadap pelaksanaan Undang-Undang.

Puspanlak UU, menurutnya, mendapat tugas dari DPR RI untuk berkunjung ke sejumlah tempat diantaranya ke Provinsi DIY dan Kota Malang untuk melihat sejauh mana implementasi Undang-Undang No. 19 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Rudi berharap dengan diadakannya audiensi tersebut bisa mendapatkan masukan berupa data dan informasi terkait apakah undang-undang tersebut  sudah memadai dan mampu menjawab segala problematika persoalan penyelenggaraan pendidikan oleh guru dan dosen, serta apakah ada hambatan atau persoalan sehingga Undang-Undang tersebut tidak bisa diimplementasikan dengan baik dan bagaimana solusinya untuk meningkatkan evektivitas dari implemantasi Undang-Undang tersebut.

Menurut Rudi, ada beberapa fokus yang akan dibahas dalam audisensi tersebut. “Diantaranya; apakah Undang-Undang Guru dan Dosen itu tetap diatur dalam satu kesatuan atau dipisah, Undang-Undang Guru sendiri, Undang-Undang Dosen sendiri. Ini yang kami nanti memerlukan data-data apakah Undang-Undang tersebut tidak bisa dipisah atau justru sebaliknya data-data yang menunjukkan Undang-Undang tersebut harus dipisah,” tuturnya di depan para Pengurus PGRI DIY di Sasana Wiyata Dinas Dikpora DIY, Selasa (23/10/2018).

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI), Dra. Mulyati Yuni Pratiwi, yang mewakili Kepala Dinas Dikpora DIY, mengatakan, Dinas Dikpora DIY sudah mendapatkan masukan-masukan dari para guru dan Kepala Sekolah terkait UU. No. 19 tahun 20015 tentang Guru dan Dosen sehingga sudah bisa disampaikan langsung kepada Puspanlak UU.

Undang-undang ini, menurutnya, secara umum sudah berjalan dengan baik, hanya saja ada beberapa penyesuaian sesuai dengan perkembangan zaman.

Yuni juga menyampaikan pesan dari Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji,  kepada Puspanlak UU, agar guru tidak terlalu dibebani dengan urusan administrasi, karena beban administrasi ini akan berpengaruh kepada kinerja guru. “Jangan sampai guru itu lebih banyak mengerjakan administrasi sehingga berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru itu menjadi terhambat, karena mungkin Undang-Undangnya ada banyak” terangnya.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia