Veteran beri pesan untuk generasi penerus bangsa di hari pahlawan - dikpora.jogjaprov.go.id

Veteran beri pesan untuk generasi penerus bangsa di hari pahlawan

DETAIL BERITA 12 November 2018 04:11 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 171kali


  Foto : para veteran setelah melakukan upacara peringatan hari pahlawan di taman makam pahlawan nasional kusumanegara  
Share :

Pendidikan DIY- Berbagai kisah sejarah di Tanah Air, dalam sejarah 10 November menjadi peristiwa penting bagi Negara Indonesia. Mengingat bagaimana para pahlawan terdahulu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada massa itu berbagai organisasi berjuang bersama-sama termasuk dikalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar yang menentang kembali masuknya pemerintahan belanda yang menggandeng kehadiran tentara Inggris di Indonesia. Merdeka atau mati adalah tekad para Pahlawan pada masa itu untuk memperjuangkan NKRI.

Pada tahun ini, bangsa Indonesia kembali memperingati hari Pahlawan pada 10 November. Hari dimana rakyat Indonesia mengenang semua jasa-jasa Pahlawan. Memperingati hari Pahlawan dengan diadakanya upacara penghormatan bagi para pahlawan yang telah gugur dimedan perang.

Bangsa Indonesia beruntung memiliki banyak pahlawan, karena perjuanganya demikian panjang. Mulai dari pergerakan indonesia pada tahun 1908-1945 para Pahlawan terus berjuang tanpa kenal lelah.

Menjadi pahlawan harus memiliki jiwa semangat juang, nilai semangat juang dilimiliki pahlawan yaitu patriotisme dan setia kawan.  

Bachrul ( Veteran) mengungkapkan makna Pahlawan pada masa sekarang terutama pada generasi penerus bangsa, generasi milenial kurang mengenal Pahlawan-pahlawan kita yang begitu banyak.  Mulai dari Cut Nyak Dien, Tengku Umar, Imam Bonjol. Generasi sekarang kurang mengenal tokoh-tokoh tersebut. Sabtu (10/11) pada saat ditemui setelah upacara di Taman Makam Pahlawan Nasional Kusumanegara.

Bachrul mengungkapkan, generasi milenial lebih mengenal Pahlawan Super Hero. Tanggapan pahlawan dianak muda sudah tergeser. Padahal dulu pahlawan adalah orang yang memperjuangkan bangsa ini dengan senjata.

Bachrul berharap, meskipun generasi muda penerus bangsa kurang mengenal para Pahlawan, setidaknya generasi muda memiliki jiwa Kepahlawan untuk Bangsa dan Negara Indonesia khususnya untuk pribadi. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia