Dapat bantuan technopark, smkn 4 yogyakarta masih mengalami kendala - dikpora.jogjaprov.go.id

Dapat bantuan technopark, smkn 4 yogyakarta masih mengalami kendala

DETAIL BERITA 15 November 2018 04:11 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 175kali


  Foto : Direktorat pembinaan SMK mengunjungi smkn 4 yk untuk memonitoring dan evaluasi pengembangan program technopark  
Share :

Pendidikan DIY- Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 4 Yogyakarta kedatangan Direktorat Pembinaan SMK untuk memonitoring dan mengevaluasi pengembangan program Technopark yang ada di SMKN 4 Yogyakarta, Rabu (14/18).

Program Technopark di SMKN 4 YK yang dibuat oleh pemerintah, dipantau langsung oleh Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan yang bekerjasama dengan UNY sudah dimulai sejak bulan Agustus 2018.

SMKN 4 YK mendapatkan bantuan dari pemerintah yaitu program Technopark untuk mewadahi keterampilan para siswa SMK. SMKN 4 YK terpilih di 22 sekolah pariwisata yang ada di Yogyakarta.

Tujuan utama kunjungan Direktorat untuk memonitoring dan evaluasi program Technopark. Melihat sejauh mana program Technopark berkembang di SMKN 4. Kunjungan tersebut juga untuk melihat kendala-kendala apa saja yang dihadapi SMKN 4.

Beberapa kendala yang terangkum diantaranya : 1). mengalokasikan kebutuhan bahan dan alat untuk satu tahun perjalan 2). pada saat diperencanaan terkadang tidak sesuai dengan realisasi, karena kebutuhan yang akan dibeli harus sesuai kebutuhan yang diajukan. Misal data yang diajukan sekolah membutuhkn keran, namun yang mengalami kerusakan adalah lampu. Tidak sesuai perencanaan. 3). Tidak dapat memegang uang modal ( fresh money). 4). SDM guru dan waktu belajar siswa yang saat ini sudah berkurang.

Fatmala ( ketua pengelola Technopark SMKN 4 YK) Mengatakan program Technokpark sebenarnya dapat melatih para siswa secara tidak langsung terjun ke industri, para siswa juga dapat merasakan bagaimana rasanya ditolak ditempat magang, bagaimana rasanya memproduksi barang ( sandang, papan, pangan). Program Technopark  sudah ada sejak bulan Juni, namun mengalami kendala waktu bentrok dengan hari libur Nasional. Program Technopark baru dapat berjalan pada bulan Agustus 2018 mulai dari perencanaan dan produksi.

Pemerintah memberikan anggaran kepada SMK yang terpilih dan memenuhi syarat sebagai upaya untuk mengembangkan, meningkatkan dan memasarkan produk teaching factory SMK, diharapkan lulusan SMK sesuai dengan Standar dunia industri. Teaching factory yang ada di SMKN 4 YK meliputi tata bogo, tata kecantikan dan tata usaha.

Technopark yang merupakan program sarana wadah yang disiapkan secara khusus oleh pemerintah, untuk memberikan pembelajaran kepada siswa bagaimana berwirausaha. Program Technopark juga berfungsi sebagai Pusat Unit Produksi SMK.

Sementara itu, program Technopark saat ini belum memilik payung hukum untuk melandasi aturan-aturan yang yang diberikan pemerintah. Sehingga nantinya jika terjadi sesuatu pada program tersebut sudah ada hukum yang mengatur.

Fatmala berharap, kendala-kendala yang dihadapi menjadi evaluasi bagi pemerintah, dan program Technopark dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya menciptakan kreativitas para siswa SMK.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia