Gebyar PAI taman anak-anak se-DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Gebyar PAI taman anak-anak se-DIY

DETAIL BERITA 15 November 2018 03:11 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 154kali


  Foto : suasana hall instiper yogyakarta dipadati taman anak-anak  
Share :

Pendidikan DIY-  Gebyar Pendidikan Agama Islam (PAI) taman kanak-kanak se- DIY tahun 2018 merupakan aktifitas kegiatan kesiswaan bagi anak-anak usia dini. Kegiatan ini salah satu wadah unjuk  bakat dan sebagai keterampilan anak-anak khusunya di pendidikan agama islam.

Selain itu, kegiatan ini dilatar belakangi oleh adanya peraturan pemerintah RI nomer 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. Dalam Undang-undang pasal (1) ayat (9) menegaskan bahwa pengelolaan pendidikan di laksanakan oleh Menteri Agama. Dan juga untuk berkembangnya peserta didik untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ilmiah agama.

Sementara, kegiatan ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri, khususnya pada pendidikan Agama Islam. Kegiatan ini juga sebagai bentuk evaluasi bagi pengelola pendidikan agama islam pada taman kanak-kanak.

Unjuk bakat anak-anak dalam kontek pendidikan keagamaan juga menjadi ajang promosi terhadap pendidikan Agama Islam kepada masyarakat. Kegiatan ini juga diselenggarakan sebagai program pengembangan Agama dan moral anak-anak.

Dr. Rahmat Mulyana M.Pd mengungkapkan bangga karena dalam penyambutan acara gebyar PAI yang dimulai sejak pukul 08:00 WIB diawali dengan performance Drumband dari anak-anak. Mulyana Juga mengatakan, keterampilan anak menjadi modal orang dewasa.

Sementara Kementerian Agama DIY Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag dalam sambutanya mengatakan, para anak-anak di usia dini merupakan pemilik usia emas ( golden age) dimana 80 persen dari masa depan anak sudah dibentuk sejak saat ini. Atas dasar ini, anak-anak dapat menumbuhkan kreativitas, menumbuhkan semangat juang, menumbuhkan rasa kebersamaan.   

Kegiatan yang digelar pada Kamis (15/18) diikuti oleh taman kanak-kanak se-DIY. Diantaranya dari Kab. Bantul, Kab. Sleman, Kab. Gunung Kidul, Kab. Kulon Progo.

Dari data yang diperoleh, kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Islam, Kepala Kemenag DIY, Dikpora dan anggota organisasi serta para guru dan orang tua anak.  Peserta didik dari taman kanak-kanak yang memadati Hall Instiper Yogyakarta sebanyak 1.000 anak dari taman anak-anak se-DIY. Sementara 100 orang untuk pendamping.

M. Lutfi berharap, kegiatan PAI ini dapat terlaksanan setiap tahunnya sebagai ajang silaturahmi.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia