siswa SMK Al-Munawir ciptakan produk masker dari limbah kulit pisang - dikpora.jogjaprov.go.id

siswa SMK Al-Munawir ciptakan produk masker dari limbah kulit pisang

DETAIL BERITA 23 November 2018 08:11 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 149kali


  Foto : siswa SMK Al-Munawin pamerkan produk hasil daur ulang di klinik sains smk 2018  
Share :

Pendidikan DIY- Lolos dari seleksi proposal, dua siswa SMK Al-Munawir Intan Sari (16) dan Meida (17) mengaku bangga. Pasalnya produk yang mereka buat mulanya berasal dari limbah yang menumpuk dan dianggap jijik bagi sebagian masyarakat. Produk yang mereka rencanakan di proposal berupa masker pisang.

Mereka mengaku, bagaimana memanfaatkan limbah kulit pisang. Berangkat dari permasalahan tersebut, mereka membuat produk dan mengolahnya menjadi sebuah masker yang mereka lihat memiliki nilai jual yang tinggi.

Meida menambahkan, dalam penelitiannya kebanyakan masyarakat mengolah daging pisang, tapi di sisi lain kulit pisang juga memiliki kandungan yang bagus untuk merawat kulit. Tutur meida, Rabu ( 21/18).

Produk yang berasal dari kulit pisang ini sudah dilakukan uji lab, dari hasil uji lab tidak mengandung antioksida yang lebih tinggi. Ini artinya produk masker yang mereka olah sudah aman untuk digunakan dan tidak mengandung bahan kimia.

Intan Sari menambahkan, produk masker ini masih memiliki getah,oleh karena itu mereka akan melakukan penelitian lab kedua untuk menguji getah yang masih menempel pada masker yang dibuat dari kulit pisang tersebut. Intan mengatakan getah yang masih menempel pada masker merupkan getah aman.

Masker gedang ( masdang) yang mereka beri nama ini dapat dibeli seharga Rp.7.500. Beberapa manfaat yang tergandung dalam masker diantaranya dapat mengurangi penuan dini, mencerahkan kulit, melembabkan dan juga mengencangkan kulit wajah. Mereka berharap, produknya dapat bermanfaat bagi semua kalangan.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia