Era Revolusi 4.0 di Yogyakarta - dikpora.jogjaprov.go.id

Era Revolusi 4.0 di Yogyakarta

DETAIL BERITA 03 Desember 2018 11:12 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 138kali


  Foto : perwakilan sekolah pada saat pelatihan perpustakaan daerah  
Share :

Pendidikan DIY-  Di era digital seperti sekarang, teknologi terus mengalami perkembangan. Dalam era yang sudah berbasis digital, kebutuhan manusia sudah melekat dengan digital ( teknologi) terutama dikalangan pelajar. Untuk itu perkembangan teknologi juga harus dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan.

PT. Kubuku mengelar pelatihan terkait perpustakaan digital di Jogja Expo Center (JEC). Kegiatan ini merupakan tahap awal untuk memperkenalkan kepada sekolah-sekolah bagaimana strategi sekolah untuk mendorong minat baca siswa.

Yosep Edianto dalam sambutannya mengatakan, Jika sebelumnya siswa harus datang ke perpustakaan untuk mencari materi pembelajaran, maka dengan perpustakaan digital, siswa dapat mengaksesnya dari manapun dan kapanpun secara cepat. Selain itu, penerapan perpustakaan digital juga mengurangi SDM sekolah. Karena sekolah hanya perlu memiliki satu staf untuk menjadi admin.

“ kalo dulu zaman saya, baca buku kertas itu sudah cukup, tapi di zaman milineal seperti sekarang ini anak-anak sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan handpone/ gatget. ” tutur Yosep dalam sambutannya.

Melalui perpustakaan digital, jika siswa ingin membaca buku, siswa tidak harus datang keperpustakaan. Selain itu, perpustakaan digital buka selama 24 jam.

Dalam pelatihan ini, PT. Kubuku juga memberikan hibah kepada SMA/SLTA/MA, berupa pemberian buku untuk koleksi perpustakaan kepada setiap sekolah yang mendaftar. Kepada sekolah yang mendaftarkan diri, akan diberi hibah sebesar Rp. 5.000.000,- setiap sekolah. Selain itu, sekolah yang mendaftar akan diberikan aplikasi secara gratis mengenai perpustakaan digital.

“ sekitar 400 sekolah yang terdaftar, tapi ngga tau sekolahnya mau menerima apa tidak” tutur Yosep ketika ditemui di Gedung JEC, Senin (6/12/18).

menurut Yuliawati, pelatiahan ini sangat membantu untuk lebih mendekatkan  anak-anak, dan sebagai guru juga tidak boleh ketinggalan dengan teknologi. hal senada juga disampaikan oleh Wulan, merasa tertarik dengan penggunaan perpustakaan digital. karena dirasa sekolah tempat ia mengajar masih kekurangan buku,

Menyongsong Era 4.0, pemerintah berharap bahwa anak muda harus segera masuk di dunia digital dan termasuk penerapan perpustakaan digital.



Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia