- dikpora.jogjaprov.go.id
DETAIL SOROT SEKOLAH 10 November 2015 10:57 WIB, oleh : eri-k, dibaca : 2825kali

SD Muhamadiyah Condong Catur Juara Lomba Budaya Mutu SD Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015


Bagikan tautan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar telah menyelenggarakan Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015. Acara ini berlangsung pada 2-6 November 2015 di Padang, Sumatera Barat, dan diikuti 128 finalis Kepala Sekolah SD, 88 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan 28 Dinas Pendidikan Provinsi.

Direktur Pembinaan SD, Wowon Widaryat mengatakan, tahapan lomba seleksi ini meliputi seleksi administrasi, visitasi lapangan, sampai dengan presentasi dan wawancara antara kepala sekolah dan pendamping. "Selain itu tahun 2016 Kemendikbud akan menambahkan 3 program, yaitu meningkatkan sekolah pembina dari 256 yang sudah terlegalisasi dengan SK. Harapannya ditingkatkan lagi menjadi 514 sekolah pembina. Sehingga dari 514 sekolah tersebut dapat memberikan efek kepada sekolah pembina di daerah tersebut, ujar Wowon.

Dalam Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015 ini, terdapat Tim Penilai/Juri sebanyak 32 orang dari berbagai latar belakang, antara lain akademisi, praktisi dan birokrat (perwakilan dari unit di lingkungan Kemendikbud).

Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional telah berhasil menjaring pemenang sebanyak masing-masing enam pemenang di kelompok SD Negeri dan SD Swasta, yang terbagi lagi di masing-masing enam kategori yaitu
1. Juara Aspek Budaya Mutu pembelajaran,
2. Juara Aspek Budaya Mutu Ekstrakurikuler,
3. Juara Aspek Budaya Mutu Manajemen Berbasis Sekolah,
4. Juara Aspek Budaya Mutu Perpustakaan,
5. Juara Aspek Olahraga, dan
6. Juara Lomba Budaya Mutu Sekolah (Whole School).
Kemudian ada tambahan pemenang dari kategori Sekolah Dasar Percontohan, sehingga keseluruhan pemenang berjumlah 18 orang.

DIY telah mengirim perwakilan 10 sekolah dasar yang dianggap layak mengikuti lomba tingkat nasional. Sebelumnya sekolah terpilih telah mengikuti beberapa tahap seleksi mulai dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Seleksi yang diikuti setiap sekolah adalah menyangkut seleksi administrasi (portofolio) dan verifikasi lapangan.
Dari hasil seleksi administrasi dan verivikasi lapangan tersebut Dinas Dikpora DIY menetapkan sekolah-sekolah yang layak mengikuti tahap seleksi administrasi dan verifikasi di tingkat pusat.

Sekolah-sekolah yang lolos seleksi administrasi dan verivikasi tingkat pusat ini diundang untuk presentasi akhir dalam grand final.   Pada grand final 2-6 November 2015, dari Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih 10 sekolah terdiri dari 6 SD negri dan 4 SD swasta. Keenam SD negri tersebut adalah SD N Ungaran 1 Yogyakarta, SD N Pujokusuman 1, SDN Tegalrejo 1, SD Model Sleman, SD N Grogol, Bantul. Sedangkan untuk SD Swasta meliputi, SD Tarakanita Bumijo 1, SD Mutiara Persada, SD Muhammadiyah Condongcatur, dan SD Muhammadiyah Kadisoka

Dalam malam grand final ini , tuga nama sekolah DIY menjadi nama yang dipanggil dalam pembacaan daftar juara.
SD Tarakanita Bumijo I Yogyakarta, memperoleh juara harapan 1 kategori perpustakaan, dan  ,SD N Ungaran 1 Yogyakarta juara pertama tingkat Nasional kategori sekolah pembina, dan SD Muhamadiyah Condong Catur Sleman berhasil menjadi juara Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015.  

Wakil Kepala Bidang Humas SD Muh Condongcatur, Ariwibowo mengatakan, sekolahnya telah berhasil menjadi juara Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayan pada 2-6 Nopember 2015. Dalam lomba itu, SD Muhamadiyah Condong Catur berhasil memeperoleh juara pada Aspek Budaya Mutu pembelajaran.
"SD Muhamadiyah Condong Catur berhasil  meraih juara setelah melewati tahap penilaian visitasi dan portofolio, tambah Ariwibowo.
Pihaknya mengirimkan tim yang terdiri dari lima guru yang dipimpin oleh kepala sekolah. Tim inilah yang telah mempresentasikan budaya mutu sekolah yang selama ini telah dipraktikan.   

Selain Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional, prestasi lain yang dicapai sekolah SD Muh  Condongcatur disumbangkan oleh dua siswa yang mengikuti Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KCPI) di Bogor 27 sampai 30 Oktober 2015. Pada ajang ini, M. Salman Alfarizi berhasil meraih juara harapan dua kategori dongeng. Sementara, Pasha Rizquna memperoleh juara harapan 3 kategori pantun.

Di bidang lain, kata Ariwibowo, sekolah ini juga masih menuai prestasi. Pada ajang lomba MTQ tingkat DIY di Gunung Kidul. M. Farkhan berhasil mempersembahkan tropi juara pertama bidang saritilawah putra, sedangkan M. Dafif berhasil meraih juara pertama bidang MHQ putra. Selain itu, Syarifah Husnun Nuha berhasil menjadi juara dua bidang MTQ putri.

Referensi tulisan :
http://kemdikbud.go.id/
http://edupost.id/kabar-sekolah/
http://sd-bumijo.tarakanita.or.id




Komentar sorot sekolah

Sorot Lainya Kembali ke atas



ARTIKEL JURNAL
Penulis: Trisni Setyaningsih S.Pd.SD
LAKUKAN SEKARANG UNTUK MENULIS
Penulis: Giyarsih - Pengawas Dikpora Kulonprog
KEAKRABAN GURU DAN PENGAWAS SEKOLAH



POJOK INSPIRASI

memulai sebuah usaha sama dengan berjalan di kawa yang tinggi.Anda hanya bisa menjalaninya jika memusatkan semua perhatian untuk berjalan sampai ke ujung satunya. (James Bernstein)
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com