Asahi Idamanto , Raih Perunggu di Jepang - dikpora.jogjaprov.go.id DETAIL SOSOK/TOKOH 02 September 2013 08:09 WIB, oleh : dt, dibaca : 3583kali

Asahi Idamanto , Raih Perunggu di Jepang


Bagikan tautan :

Dikpora DIY - Olympiade Geografi International yang berlangsung dari tanggal 20 Juli hingga 5 Agustus 2013 di Kyoto Jepang telah menorehkan pengalaman menarik bagi Indonesia, Yogyakarta khususnya.

Pasalnya seorang pelajar SMAN 5 Yogyakarta berhasil menyabet medali perunggu dari 129 partisipan. Dia adalah Asahi Idamanto (17), siswa kelas XII IPA yang mewakili Indonesia bersama 3 siswa lainnya dari Bandung dan Wonosobo.

Dari keempat delegasi tersebut Indonesia meraih 1 perak dan 2 perunggu, menempati posisi ke-8 dari 32 Negara. Prestasi tersebut mengejutkan, karena pembelajaran dilakukan dengan Bahasa Indonesia, sementara seluruh materi dan soal yang dilombakan menggunakan Bahasa Inggris.

Pada tahun lalu untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti Olimpiade Geografi Internasional, dan memboyong 1 medali perak. Selain 3 medali yang didapat pada tahun ini, Indonesia juga meraih penghargaan Second Based Presentation bersanding dengan Singapura dan Australia.

Hari ke-6 di Kyoto putra kedua pasangan Agung Idamanto dan Sayuri mengunjungi BIWA Lake disebelah Timur Laut dari kota Kyoto dan Gedung yang sangat terkenal secara yaitu Kyoto International conferencee, tempat dimana Kyoto Protocol diresmikan.

Selama 7 hari di Kyoto Peserta mengerjakan ujian melalui 3 tahap yaitu : Tahap 1. Writen Test (Essay) 2. Fieldwork Test (Pengumpulan data dan perencanaan) 3. Multimedia Test.

Menurutnya Fieldwork Test merupakan tahapan yang rumit karena peserta masuk ke pemukian terdekat, mencari data-data dan membuat peta. Kemudian hari berikutnya berbekal data hasil pengamatan, peserta diminta untuk berpikir layaknya Planner sebuah kota untuk memproyeksikan kondisi geografis 30 tahun kedepan.

Dalam mempersiapkan olimpiade Asahi didampingi oleh guru mata pelajaran Geografi SMAN 5, Rudarti SPd. Pada OSN Kebumian 2012 Asahi mendapat medali perunggu.

Selain Asahi, siswa SMAN 5 Yogyakarta yang juga berangkat ke Jepang untuk bertukar pengalaman perihal kebudayaan adalah Kesima Bening Pagi yang duduk di kelas XII.

Kesima berangkat Osaka Jepang pada tanggal 20 Juni hingga 4 Juli 2013. Putri pasangan Sudadi dan Ambar meraih prestasi itu ketika menempati 5 besar lomba nasional pidato Bahasa Jepang pada Februari 2013. (dt)


Komentar sosok

Tokoh Lain Kembali ke atas





POJOK INSPIRASI

memulai sebuah usaha sama dengan berjalan di kawa yang tinggi.Anda hanya bisa menjalaninya jika memusatkan semua perhatian untuk berjalan sampai ke ujung satunya. (James Bernstein)
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com