Kiat Sukses Ketua Osis SMAN 2 Wonosari Gunungkidul - dikpora.jogjaprov.go.id DETAIL SOSOK/TOKOH 14 Mei 2014 03:05 WIB, oleh : Wasmiyati XI MIPA 2 , dibaca : 4525kali

Kiat Sukses Ketua Osis SMAN 2 Wonosari Gunungkidul


Bagikan tautan :
Arditya Dwi Mei Hendra, atau lebih akrab jika dipanggil Hendra atau Mei. Pria kelahiran Kendal, 13 Mei 1997 ini merupakan salah satu dari sekian siswa yang telah berhasil meraih segudang prestasi di SMA Negeri 2 Wonosari.
Berbagai tropy penghargaan berhasil ia persembahkan kepada sekolah tercinta, SMA Negeri 2 Wonosari. Saat ini, Hendra menjabat sebagai ketua OSIS Widyatama di SMA Negeri 2 Wonosari periode 2013/2014. Orasi yang ia berikan pada waktu kampanye pemilihan ketua OSIS Widyatama berhasil meluluhkan hati sebagian besar warga sekolah, baik dari kalangan siswa, guru, maupun karyawan.

Ia dikenal sebagai sosok yang tegas, disiplin, ramah, dan pandai bergaul dengan semua orang. Selama di SMA Negeri 2 Wonosari dari kelas 1 sampai saat ini, berbagai perlombaan telah ia ikuti, mulai dari tingkat kecamatan sampai provinsi. Pada bulan Januari 2014, Hendra ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab. Gunungkidul untuk mewakili Gunungkidul dalam perlombaan Debat Bahasa Indonesia tingkat provinsi. Selanjutnya, dia pernah mengikuti lomba Desain Poster Manual Kabupaten Gunungkidul tahun 2013 dan meraih juara 2. Berikutnya, Hendra ikut serta dalam perlombaan Desain Poster Manual Digital FLS2N Kabupaten Gunungkidul.
Walaupun belum meraih gelar juara umum, tapi ia berhasil meraih juara harapan 1.
 Tahun ini, bertepatan dengan bulan April, Hendra berhasil menjuarai lomba Seni Kriya FLS2N Kabupaten Gunungkidul, dan akan mewakili Gunungkidul di tingkat provinsi di perlombaan berikutnya pada hari Rabu, 7 Mei 2014. Dan akhirnya bisa mewakili DIY di tingkat nasional yang berlokasi di Semarang.
 
 Semua prestasi yang telah ia raih, tidaklah lepas dari usaha yang sungguh-sungguh dan dorongan dari berbagai pihak. Hal pertama yang selalu ia lakukan adalah melatih skill (keterampilan) untuk melatih ketepatan waktu dan ketelitian.
 Karena perlombaan yang sering ia ikuti adalah dalam bidang seni, maka keterampilan skill harus menjadi prioritas utama.

Usaha lain yang tidak kalah pentingnya adalah doa. Suatu usaha yang sungguh-sungguh bila tidak disertai dengan doa yang khusyu’, tetaplah sia-sia. Karena ketika manusia sedang berusaha, maka Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Konsentrasi juga sangat diperlukan ketika sedang mempersiapkan suatu perlombaan pada bidang tertentu. Konsentrasi memanglah sangat sulit, tapi seseorang yang telah memiliki tekad yang kuat untuk memberikan hasil terbaiknya akan bisa berkonsentrasi dengan mudah. Profesionalitas juga diperlukan dalam hal ini. Dalam mempersiapkan suatu kompetisi, sangat sulit melakukannya jika dibarengi dengan kegiatan lain.
Maka dari itu, fokuslah pada sesuatu yang sedang menjadi prioritas utama pada saat itu. Tapi, hal yang paling penting dalam suatu perlombaan adalah mental.

Terkadang seseorang bisa mempunyai rasa percaya diri yang sangat tinggi, dan percaya bahwa ia bisa menang. Tetapi jika hal sebaliknya yang terjadi, orang itu bisa putus asa seketika dengan mudahnya. Dalam hal ini, mental memiliki peran yang paling dominan. Menurut Hendra, dalam sebuah perlombaan itu memang butuh sebuah skill atau bakat. Selama itu merupakan hal yang positif dan kita memiliki rasa percaya bahwa kita bisa disertai doa yang kuat, maka kita bisa meraih prestasi terbaik. Juara bukanlah segalanya. Karena kebanyakan orang yang menganggap bahwa kemenangan adalah segalanya, ketika ia telah kalah, ia akan lagsung menyerah dan tak mencoba lagi.
 Untuk itulah kita tidak boleh menyerah apapun itu hasilnya. Karena kegagalan adalah jembatan untuk menuju ke masa depan yang lebih baik.

Ditulis :
Wasmiyati ,Kelas XI MIPA 2 -  Siswa  SMA 2 Wonosari

Komentar sosok

Tokoh Lain Kembali ke atas





POJOK INSPIRASI

Meminta bantuan pada orang lain bukan tanda kelemahan, melainkan kecerdikan. (Anonim)
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com