Maju Tingkat Internasional, Assifa Membanggakan DIY - dikpora.jogjaprov.go.id DETAIL SOSOK/TOKOH 17 November 2014 10:11 WIB, oleh : admin, dibaca : 2731kali

Maju Tingkat Internasional, Assifa Membanggakan DIY


Bagikan tautan :
Prestasi Assifa Nur Fadila siswa kelas IX SMP Negeri I Wates sangat membanggakan bagi Kulonprogo dan DIY. Karena akhir November ini akan mewakili Indonesia dalam Lomba Roket Air Internasional (Water Rocket Event 21th Asia Pasific Regional Regional Space Agency Forum) di Jepang.
 
Assifa berhak mewakili Indonesia setelah menang Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2014 yang diadakan oleh Puspiptek di Serpong Tangerang. Roket karya Assifa menjadi peserta yang terbaik, dan mengalahkan peserta lain dari berbagai wilayah di Indonesia. Akurasi sasaran dan kestabilan roket saat meluncur menjadi point penting dalam menentukan peserta terbaik. Dalam meraih nilai terbaik, perlu ketelitian, perhitungan dan keakuratan dalam membuat roket. Beberapa faktor yang sangat menentukan adalah volume air, tekanan dan derajat (sudut) luncuran. faktor lain yang juga cukup mempengaruhi adalah volume resin pemberat, dan sirip.

Sebelum berangkat ke Jepang, Assifa berpamitan dengan Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K), di rumah dinas, Selasa (11/11/2014). Dalam kesempatan itu Assifa yang didampingi orang tuanya Suratna (Guru SMA 1 Pengasih) dan Heny Prihastiwi (Guru SMA 1 Temon), Kepala Kantor Taman Pintar Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono, Kepala Sekolah SMP N I Wates Suryono, serta pembimbingnya Sutri.

Hasto Wardoyo mengaku sangat bangga dan senang, terhadap prestasi Assifa yang mampu menjadi peserta terbaik tingkat nasional, meskipun sekilas tampak sederhana tetapi lomba roket air ini memerlukan skill tinggi dan perhitungan yang tepat dan matang.

"Warga Kulonprogo ada yang ikut berkontribusi mewakili Indonesia di ajang internasional. Apalagi roket air ini dibuat sendiri oleh Assifa tanpa boleh dibantu oleh pembimbing saat lomba, karena guru pembimbing tidak dipekenankan mendampingi saat pelaksanaan lomba. Baik sebagai pribadi dan pemkab, kami berterima kasih kepada Assifa beserta orang tua, guru pembimbing  dan sekenap pihak yang mendukung," ungkap Hasto.
 
Hasto berharap agar Assifa terus berikhtiar, meluruskan niat, bertawakal dan terus berlatih sehingga dapat menncapai hasil yang maksimal. "Kita doakan semoga lancar dan sukses," ujarnya.   

“Assifa akan   berangkat 24 November ke Jakarta dan akan mendapat pengarahan dahulu. Baru pada 27 November berangkat ke Jepang untuk mengikuti lomba pembuatan roket air internasional yang akan berlangsung hingga 1 Desember 2014. "Sebelum menjadi peserta terbaik nasional, Assifa sebelumnya masuk 6 besar peserta kontes roket air yang diadakan Taman Pintar Yogyakarta.

referensi :  krjogja.com

Komentar sosok

Tokoh Lain Kembali ke atas





POJOK INSPIRASI

Meminta bantuan pada orang lain bukan tanda kelemahan, melainkan kecerdikan. (Anonim)
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com