Mendiknas: Paradigma Wajar 9 Tahun Bergeser - dikpora.jogjaprov.go.id

Mendiknas: Paradigma Wajar 9 Tahun Bergeser

DETAIL BERITA 04 Maret 2010 15:32 WIB,   Jurnalis: td,   Dibaca : 655kali
Share :

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, dunia pendidikan di Tanah Air telah mengalami pergeseran paradigma sehingga perlu dicermati terkait kesempatan belajar bagi peserta didik, kesetaraan pendidikan, layanan komprehensif, serta memaksimalkan fungsi sekolah serta orientasi layanan sesuai kebutuhan.

Yang berstatus khusus maka layanannya pun harus khusus. Jangan statusnya khusus, tetapi layanannya umum.

Demikian menurut Mendiknas saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan 2010 di Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan Nasional, Depok, Jawa Barat, Rabu (3/3/2010). "Saya melihat adanya fakta di lapangan yang menunjukkan telah terjadi pergeseran-pergeseran paradigma di dunia pendidikan," ujar Nuh.

Nuh menambahkan, pergeseran paradigma pendidikan tersebut terkait wajib belajar (wajar) 9 tahun yang bergeser menjadi hak belajar 9 tahun. Masyarakat, kata dia, adalah warga bangsa yang punya hak untuk menuntaskan sembilan tahun itu. Untuk itu, pemerintah, negara, harus menyiapkan mulai dari sarana, prasarana, dan bisa menjamin bahwa siapapun bisa menuntaskan sembilan tahun untuk belajar.

Ihwal kesetaraan dalam pendidikan itu, lanjut Nuh, ada warga yang memerlukan layanan yang khusus. Kelompok khusus tersebut dapat disebabkan faktor kewilayahan seperti tinggal di daerah perbatasan dan terpencil atau karena faktor fisik.

"Rumus umumnya, seseorang, kelompok, yang berstatus khusus maka layanannya pun harus khusus. Jangan statusnya khusus, tetapi layanannya umum," katanya.

Terkait itu pula, kata Mendiknas, Kemendiknas akan bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk mensyaratkan bangunan-bangunan agar dapat memfasilitasi warga masyarakat yang berkebutuhan khusus.

"Kita tekankan betul siapapun yang akan membangun bangunan sekolah, fasilitas kampus, dan seterusnya. Tolong tambahi akses untuk saudara-saudara kita itu


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.