Sosialisasi Pendidikan Karakter Budaya SMK - dikpora.jogjaprov.go.id

Sosialisasi Pendidikan Karakter Budaya SMK

DETAIL BERITA 02 Maret 2011 14:57 WIB,   Jurnalis: dita,   Dibaca : 1051kali
  Foto :  
Share :

Dinas Dikpora Prov. DIY - Untuk mencapai maka pola pendidikan yang baik maka perlu tata kelola pendidikan, inilah tugas kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sebagai pelaku pendidikan untuk mengimplementasikan instrumen yang telah dibuat masing-masing sekolah demi tercapainya pendidikan karakter berbasis budaya Jawa.  Sebanyak 191 SMK se-Prov DIY wajib mendukung kebijakan tersebut.

Kadinas Dikpora Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji menyambut kegiatan ini “Ketika Good education dapat diciptakan maka kita bisa menjadi model pendidikan yang baik dalam rangka memajukan pendidikan bangsa dan negara, kalau ada keluhan dan kesulitan maka saya mengajak terbuka supaya tidak saling menyalahkan” tegasnya.

Dra. Trianawati Purnamawati. MM, selaku Kasi SMK mengungkapkan pentingnya evaluasi di tahun 2010 mengingat mengejar visi kemendiknas tahun 2014 untuk terselenggaranya layanan prima pendidikan nasional untuk membentuk insan indonesia cerdas komperhensif.

Implementasi 3 Pilar Kebijakan Pembangunan Pendidikan Nasional meliputi  :

Pemerataan dan perluasan akses pendidikan : Dengan mengupayakan pemerataan dan perluasan kesempatan memperoleh pendidikan bermutu bagi seluruh masyarakat DIY
Peningkatan mutu relevansi dan daya saing : Melalui fasilitasi pendidikan yang mengarah pada pengembangan seluruh potensi kehidupan
Penguatan tata kelola pendidikan, akuntabilitas dan citra publik : dengan mengembangkan pendidikan sebagai pusat pembudayaan nilai-nilai luhur, pemberdayaan dan pembelajaran berdasarkan standar nasional atau standar internasional

Ketiga unsur tersebut perlu dicapai demi terciptanya Visi dan Misi RPJP DIY, RPJM DIY, Dinas Dikpora DIY, dan  Provinsi DIY.

Masalah yang kerap ditemukan selama menjalankan pendidikan berkarakter budaya jawa ialah banyaknya siswa bahkan guru yang sudah tidak mengenal lagi nilai kearifan lokal dan bentuk budaya Jawa sehingga ada kecenderungan kemerosotan moral. Mengangkat nilai budaya Jawa ke dalam pendidikan moral dan pendidikan karakter bangsa sebagai muatan isi membutuhkan kerjasama yang erat antara para pendidik dan lembaga yang terkait.

Sementara arti pendidikan karakter budaya secara teknis yaitu proses internalisasi serta penghayatan nlai-nilai budaya dan karakter bangsa yang dilakukan peserta didik secara aktif dibawah bimbingan guru, Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan serta diwujudkan dalam kehidupannya di kelas, sekolah, dan masyarakat. (dita)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.