Pembinaan Guru UKS SD - dikpora.jogjaprov.go.id

Pembinaan Guru UKS SD

DETAIL BERITA 25 Mei 2011 06:05 WIB,   Jurnalis: iRL,   Dibaca : 1339kali
  Foto : Dra. Sri Widayati (Kiri) dan Dra. Ni Ketut Sutini membuka kegiatan Pembinaan Guru UKS  
Share :

Dinas Dikpora Provinsi DIY – Dalam rangka peningkatan mutu kesehatan dan pemahaman pengetahuan Ketrampilan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), sebanyak 70 guru UKS SD dari masing-masing kabupaten kota mengikuti acara Pembinaan Guru UKS di Hotel Bifa Yogyakarta. Acara yang di selenggarakan oleh Dinas Dikpora melalui seksi PLB Dikdas ini menghadirkan beberapa nara sumber dari Dinas Kesehatan, Balai POM, BKPP (Badan Ketahana Pangan dan Penyuluhan), dan Puskesmas Umbulharjo Yogyakarta.

Acara ini dibuka langsung oleh Kabid PLB Dikdas, Dra. Sri Widayati dengan di damping ketua panitia Dra. Ni Ketut Sutini. Tujuan pelayanan kesehatan sekolah adalah meningkatnya derajat kesehatan peserta didik.  Standar pelayanan kesehatan pada anak dan remaja adalah periode masa transisi, periode kritis, masih perlu dibina dan dibimbing. Saat ini banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan reproduksi remaja. “Maka dari itu dibutuhkan guru, petugas kesehatan dan TP UKS yang mampu memahami anak dan remaja” terang Sri Widayati.

Kegiatan pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan promotif yaitu seperti penyuluhan atau pendidikan kesehatan. Selain itu juga bisa dengan preventiv seperti imunisasi, pengobatan sederhana oleh dokter kecil, dan pemeriksaan berkala. Sehingga nantinya akan membentuk perilaku hidup sehat, meningkatnya daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penyakit, serta meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan sosial.

Upaya peningkatan kesehatan promotiv dapat dimulai dari membina warung sekolah, pengelolaan sampah, saluran air limbah, kebersihan jamban, kamar mandi serta membina kemampuan siswa melalui penyuluhan/konseling tentang kesehatan reproduksi, infeksi menular sexual, pencegahan rokok, alkohol, dan dan penyalahgunaan narkoba.

Ditemui terpisah, Staf PLB Dikdas seksi TK SD, Dra. Titik Handayani, S.Pd, mengatakan bahwa untuk mendukung kegiatan pembinaan dan pengembangan UKS teridri dari 2 komponen yaitu, dana atau uang yang dikumpulkan oleh tim Pembina UKS dari masyarakat dan pemerintah untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan lingkungan sekolah sehat. Sedangkan pengelolanya adalah secretariat Pembina UKS. “Dalam rangkaian kegiatan ini juga diadakan kunjungan lapangan ke SD Wirobrajan III dan di kantin AB Three milik fakultas Teknologi Pertanian UGM”, terang Beliau.(iRL).


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.