Program Keterpaduan SDIDTK, BKB, PAUD dan Posyandu - dikpora.jogjaprov.go.id

Program Keterpaduan SDIDTK, BKB, PAUD dan Posyandu

DETAIL BERITA 31 Mei 2011 01:05 WIB,   Jurnalis: iRL,   Dibaca : 8390kali
  Foto : Dr. Anung Trihadi, nara sumber Program Keterpaduan  
Share :

Dinas Dikpora Provinsi DIY – Dalam rangka untuk mewujudkan keluarga berkualitas, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Dikpora menggelar acara Program Keterpaduan SDIDTK, BKB, PAUD dan Posyandu di gedung UC UGM, Senin (30/05). Dalam hal ini ada 3 program yaitu SDIDTK (Stimulasi Dini Intervensi Deteksi Tumbuh Kembang), Bina Keluarga Balita (BKB), dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Program SDIDTK merupakan salah satu program pokok Puskesmas. Sedangkan BKB adalah program unggulan dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Kemudian PAUD merupakan program dari Dinas Dikpora. Maka dari itu ketiga program tersebut mempunyai tujuan antara lain; meningkatkan kegiatan posyandu, meningkatkan keberhasilan program dan kegiatan BKB dalam upaya membina tumbuh kembang anak, meningkatkan keberhasilan program dan kegiatan PAUD sebagai pusat pendidikan anak usia dini agar mendapatkan layanan pendidikan yang optimal, meningkatkan keberhasilan kegiatan SDIDTK yang menyeluruh dan terkoordinasi dalam bentuk kemitraan antara keluarga (orang tua/pengasuh), masyarakat dan tenaga kesehatan, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan (orang tua, anggota keluarga, pengasuh) dalam memberikan pengasuhan secara optimal tentang tumbuh kembang balita.

Kasi Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Dr. Anung Trihadi menjelaskan bahwa tujuan Kegiatan ini untuk melakukan koordinasi lintas sektor agar operasional keterpaduan BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu dapat berjalan di lapangan dan benar-benar bermanfaat. “Kegiatan ini adalah untuk memadukan 3 program tersebut dan nantinya akan diditerapkan di masing-masing tempat dikabupaten/kota”, terangnya.

Pelaksanaan keterpaduan ini didasari oleh SK bersama/MOU Dinas Dikpora, Dinas Kesehatan, BKKBN, PKK, dan BPPM yang sebelumnya telah disepakati bersama.  “Dengan adanya kesepakatan tersebut diharapkan agar kegiatan keterpaduan BKB,PAUD, SDIDTK di Posyandu benar-benar dapat menjaring seluruh anak usia dini didusun/RW, artinya tidak ada anak usia dini yang terlewati, tidak memperoleh pelayanan PAUD, BKB dan SDIDTK di Posyandu”. Imbuh Anung.(iRL)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.