Dikpora DIY Serius Jalankan Program Pendidikan Inklusi - dikpora.jogjaprov.go.id

Dikpora DIY Serius Jalankan Program Pendidikan Inklusi

DETAIL BERITA 16 Juni 2011 05:06 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 1320kali
  Foto : Kadinas Dikpora DIY, Drs. R. K. Baskara Aji dengan semangat mensosialisasikan Program Pendidikan Inklusi di DIY.  
Share :

Dinas Dikpora DIY- Kebijakan Dinas Dikpora DIY mengenai konsep pendidikan untuk semua, atau Education for All, mengharuskan semua sekolah, mulai dari SD hingga SMA/SMK, menyelenggarakan pendidikan inklusi.

“Kita harus membuka seluas-luasnya sekolah inklusi. Inklusi disini, hendaknya dilihat dari seluruh aspek, yakni non diskriminatif dan untuk semua. Tidak boleh ada anak dalam usia sekolah yang ditolak oleh sekolah karena alasan administratif. Sekolah juga tidak boleh membedakan siswa yang memiliki ketunaan maupun tidak”, ungkap Kadinas Dikpora DIY, Drs. R. K. Baskara Aji saat membuka rapat koordinasi penyelenggaraan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) di Hotel Brongto, Kamis (9/6).

Hambatan paling besar untuk menerapkan secara total pendidikan inklusi di DIY, sebenarnya terletak pada pemahaman orang tua siswa. “Guru dan murid biasanya tidak masalah dan bisa menyatu dengan para siswa berkebutuhan khusus dari segala aspek. Tetapi banyak sekolah yang justru diprotes oleh komite sekolah karena menyelenggarakan pendidikan inklusif. Mereka menganggap siswa yang lain akan terpengaruh dengan diterapkannya pendidikan inklusif di sekolah”, terang Baskara Aji.

“Tugas kita di sekolah, adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan orang tua, bahwa penyelenggaraan pendidikan di sekolah memang harus non diskriminatif. Tetapi di lain pihak, kita juga harus meyakinkan ke orang tua, bahwa dengan diterapkannya pendidikan inklusif di sekolah, tidak akan menurunkan prestasi siswa. Jangan pula ada jarak prestasi yang sangat mencolok antara anak normal dan anak berkebutuhan khusus”, lugas Baskara Aji. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.