Sosialisasi Pengisian Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah - dikpora.jogjaprov.go.id

Sosialisasi Pengisian Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah

DETAIL BERITA 13 Juni 2011 10:06 WIB,   Jurnalis: iRL,   Dibaca : 2141kali
  Foto : Drs. Suhadi, Ketua Badan Akreditasi Provinsi bersama Drs Bambang Irianto MPd, memberikan pengarahan pengisian perangkat akreditasi Sekolah/Madrasah.  
Share :

Dinas Dikpora Provinsi DIY - Senin (13/06) bertempat di ruang Sasana Wiyata Disdikpora Prov. DIY telah dilaksanakan Sosialisasi Pengisian perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah untuk jenjang SMA/SMK di Provinsi DIY.

Dalam kesempatan ini Drs. Suhadi, Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M), memberikan sambutannya dan menyampaikan kebijakan tentang Akreditasi Sekolah/Madrasah. Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Berdasarkan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku bahwa semua satuan dan program pendidikan harus terakreditasi. Dalam hal ini akreditasi adalah sebuah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan dan/atau program pendidikan yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh satuan lembaga yang mandiri dan profesional.

Menurut Beliau, tujuan sosialisasi untuk memberitahukan secara langsung bahwa sekolah-sekolah yang diundang kali ini adalah sekolah yang masuk kuota dan telah ditetapkan untuk diakreditasi. “Apabila pada tahun 2012 nanti, satuan dan/atau program pendidikan tidak terakreditasi, maka belum mempunyai hak untuk mengeluarkan ijasah”, imbuh Suhadi.

Akreditasi sekolah/madrasah bertujuan untuk memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah dan/atau program yang dilaksanakannya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, memberikan pengakuan peringkat kelayakan, serta memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan/atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait. Kegiatan akreditasi sekolah/madrasah tersebut harus didasarkan atas prinsip-prinsip objektif, komprehensif, adil, transparan, akuntabel, dan professional, sehingga kegiatan akreditasi sekolah/madrasah berfungsi efektif sebagai pengetahuan, akuntabilitas, dan pembinaan/pengembangan.

Adapun jalur kerja kegiatan akreditasi diantaranya Pra Akreditasi merupakan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Dikpora kepada Sekolah/Madrasah agar siap di akreditasi. Setelah itu Akreditasi dilaksanakan oleh BAP S/M dengan melakukan evaluasi kebijakan, visitasi dan menerbitkan sertifikat akreditasi serta memberikan saran rekomendasi tindak lanjut untuk perbaikan. Selanjutnya Pasca Akreditasi berupa tindak lanjut pembinaan peningkatan dan pengembangan kepada sekolah sesuai dengan hasil akreditasi beserta rekomendasi dari BAP S/M.

“Mudah-mudahan akreditasi tahun ini lancar dan semoga mendapatkan nilai yang memuaskan sehingga semua sekolah di DIY sekolah yang memiliki kelayakan dalam program pendidikannya dan diakui oleh Badan Akreditasi”, tutup Suhadi.

Materi selanjutnya disampaikan menyangkut tentang Apakah Akreditasi itu,  bagaimana persyaratan yang dilakukan untuk akreditasi sampai dengan petunjuk pengisian Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah oleh Tim dari BAP S/M.(iRL).


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.