Gusti Prabu Cup, Kompetisi Drumb Band Pra Junior se-DIY Jateng - dikpora.jogjaprov.go.id

Gusti Prabu Cup, Kompetisi Drumb Band Pra Junior se-DIY Jateng

DETAIL BERITA 20 Juni 2011 09:06 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 1625kali
  Foto : Peserta dari TK PKK 3 Yogyakarta saat menampilkan aksinya dalam Gusti Prabu Cup  
Share :

Dinas Dikpora DIY- Suasana di Jalan Cendana dan Jalan Kenari nampak tidak seperti biasa. Puluhan Bus terparkir rapi di sisi jalan. Selain itu, berbagai spanduk serta umbul-umbul, terpasang memadati kawasan GOR kebanggaan masyarakat Yogyakarta, GOR Amongrogo.

Kala itu, Anak-anak mungil berseragam warna-warni tampak berkumpul di GOR Amongrogo, sembari membawa perlengkapan drum band mereka. Ya, mereka memang akan mengikuti kompetisi drumband yang dihelat pada hari Sabtu hingga Minggu (18-19/06/2011).

Kompetisi drumband ini bernama Gusti Prabu Cup. Dinamakan demikian, karena penyelenggara event ini adalah Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) DIY. Pengprov PDBI DIY merupakan salah anak cabang KONI DIY. Seperti diketahui, Ketua KONI DIY adalah Gusti Prabukusumo, S.Psi., atau yang akrab disapa Gusti Prabu.

“Awalnya Gusti Prabu sebagai Ketua KONI  menanyakan kenapa tidak ada event kompetisi drumband antar TK. Kami menjawab, sebenarnya sudah ada kompetisi drumband junior hingga senior yang diberi nama Hamengku Buwono Cup. Tetapi kelas junior dimulai dari SD, sehingga TK tidak termasuk di dalamnya”, terang Nolik Maryono, Ketua Harian Pengprov PDBI DIY, saat ditemui di lokasi lomba.

Mengetahui hal itu, Gusti Prabu lalu menginstruksikan untuk menyelenggarakan kompetisi drumband tingkat pra junior, yakni antar TK tingkat nasional di DIY.

“Jika antar TK tingkat nasional kami merasa belum siap untuk menyelenggarakannya. Kami mengusulkan untuk menyelenggarkan tingkat DIY-Jateng terlebih dahulu, dan akhirnya Gusti Prabu menyetujuinya”, lanjut Nolik.

Nolik pun lalu mengusulkan nama Gusti Prabu sebagai nama dari kompetisi pra junior ini, mengingat kompetisi junior hingga senior sudah bernama Hamengku Buwono Cup. “Untuk urusan ini, Gusti Prabu juga menyetujuinya”, ungkap Nolik.

Sebagaimana yang telah diduga sebelumnya, minat TK-TK di wilayah DIY-Jateng untuk mengikuti lomba memang sangat besar. Tercatat, lebih dari 60 TK yang sudah mendaftarkan diri ke panitia. Namun, hanya 58 TK saja yang diterima, mengingat waktu penyelenggaraan lomba yang hanya dua hari.

“Dalam dua hari ini, akan dilombakan kelas konser dan kelas display. Pada kelas konser, peserta memainkan drum band secara diam di tempat selama 10 menit. Sedangkan pada kelas display, peserta memainkan drum band beserta berbagai macam formasi dan gerakan, selama 10 hingga 12 menit”, terang Nolik.

Penilaian dalam ajang drumband antar TK ini meliputi analisa musik, somensif / apa yang disajikan secara keseluruhan, serta penilaian pada sosok mayoret/pemimpin drumband. “Juri yang kami ambil tidak main-main. Dari 4 juri yang ada, 3 diantaranya merupakan juri nasional, sementara 1 juri merupakan juri dari pengprov PDBI DIY. Kompetisi ini memperebutkan thophy bergilir Gusti Prabu”, tutup Nolik. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.