PPDB SMK : Program Keahlian TKJ Diburu - dikpora.jogjaprov.go.id

PPDB SMK : Program Keahlian TKJ Diburu

DETAIL BERITA 01 Juli 2011 04:07 WIB,   Jurnalis: dt,   Dibaca : 1342kali
  Foto : para pendaftar mengisi formulir di SMK Muga  
Share :

Dinas Dikpora Prov. DIY - Himbauan untuk menyekolahkan lulusan SMP ke SMK terbukti mujarab, hal tersebut terlihat dari jumlah PPDB SMK di DIY. Ketimpangan rasio pendaftar di SMA dan SMK tidak curam lagi, artinya masyarakat mulai sadar pentingnya talenta yang dibutuhkan di dunia kerja sejalan perkembangan zaman.

Misalnya saja pada SMK Muhammadiyah III yang telah membuka pendaftaran semenjak tanggal 13 Juni lalu, "Pengambil formulir mencapai 700, target saya 800 pendaftar. Kami menyediakan dua jalur seleksi yaitu One Day Service dan reguler yang hasilnya diumumkan tanggal 6 Juni" kata Kepala Sekolah, Sutrisno.

Pantauan di PPDB SMK Muga program keahlian yang banyak diminati ialah Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Otomotif diantara 4 program lain. Setidaknya 700 formulir telah diambil, sampai (30/06) 576 formulir yang kembali. Kuota dari SMK Muga sendiri sebanyak 500 siswa di 16 kelas.

Sebagai sekolah Swasta RSBI, Sutrisno mengakui bahwa animo pendaftar di SMK mulai naik, "Setau saya untuk rasio pendaftar SMA di kota 51, SMK 49 orang. Apalagi untuk pendaftar SMK di kabupaten ya saya rasa malah bisa setara, karena kalau kota yang dikejar pendaftar biasanya SMA duluan, sempat menurun sih pendaftar di tahun kemarin karena fokusnya kami terbagi ke muktamar tapi kembali lagi untuk tahun ini" imbuhnya.

Perihal sama juga terjadi di SMKN 2 Yogya, jumlah pengambil formulir sebanyak 1.180 sedangkan yang mengembalikan sampai (30/06) tercatat 910 untuk kemudian diseleksi mengisi kuota 828 kursi di 23 kelas,150 diantaranya adalah KMS.

Tiga program keahlian yang diburu para pendaftar di SMKN 2 yakni TKJ, Multimedia, dan Teknik Kendaraan ringan, "Kalau peminatnya diliat di RTO itu justru banyak yang dari luar kota kaya Sleman dan Bantul" kata Panitia PPDB, untung. Pendaftaran di SMKN 2 Yogya akan segera ditutup (30/06) pukul 14.00 dan diumukan 1 Juli besok.

Peningkatan peminat di SMK tersebut sesuai dengan pernyataan Kabid Dikmenti, Alip Sudardjo, M.Pd, dua pekan lalu, "Pada fase sekarang, animo masyarakat untuk bersekolah di SMK lebih tinggi, karena cepat bekerja dengan kompetensi dan keahlian yang matang, Data terakhir itu 166 : 191, peminat SMA 53.000, sedangkan SMK 63.000". (dt)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.