240 Sekolah Mendapat Bantuan Perangkat TIK - dikpora.jogjaprov.go.id

240 Sekolah Mendapat Bantuan Perangkat TIK

DETAIL BERITA 08 Oktober 2011 06:10 WIB,   Jurnalis: dt,   Dibaca : 1433kali
  Foto : para narasumber memperhatikan pertanyaan dari peserta  
Share :

Dinas Dikpora Prov.DIY - Sosialisasi Pengadaan dan Pemasangan Komputer Serta Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) disambut sumringah oleh 240 sekolah yang terpilih seleksi thn 2011, kondisi tersebut nampak di Sasana Krida yang dipenuhi ratusan tamu undangan semenjak pagi (07/10).

Bantuan lab TIK yang terintegrasi dengan sistem jaringan adalah penekanan dari program kerjasama antara Disdikpora DIY dengan Kominfo RI. Dengan tercapainya hasil akhir dari program ICT-EQEP ini, dipastikan mempercepat pengembangan DIY dengan kiasan Cyber Province.

Sosialisasi yang disambut oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Dikpora DIY, Singgih Raharjo menyatakan terdapat 240 sekolah terdiri dari 140 SD dan 100 SMP yang akan segera diinstalasi baik komputer maupun jaringanya. Penjelasan disambung oleh Mulyo Sayoto, sebagai Project Manager yang memaparkan spesifikasi peralatan TIK, diantaranya PC Client, PC Server, UPS, LCD Projector, Router, dll.

Yang cukup mengejutkan bagi peserta adalah software pada PC Client dan PC Server yakni memakai OpenSUSE Education Li-f-e 11.4, demikian disampaikan oleh wakil dari SDM Wirobrajan 3. Mulyo menanggapi bahwa terknisi yang datang hanya bertugas menginstalasi, sehingga untuk bimbingan khusus barangkali bisa menjadi pertimbangan.

Seluruh perangkat TIK yang telah dibagikan memiliki garansi tiga tahun. Instalasi jaringan sendiri akan dilaksanakan dari bulan Oktober 2011 dan direncanakan selesai Maret 2012. Rentang waktu yang lama tersebut bukan tidak beralasan, karena instalasi dan konfigurasi membutuhkan waktu yang cukup panjang serta didukung peralatan yang tersedia, "selain antri, proses pemasangan tower rata-rata 30m, kecuali untuk di Gunungkidul yang bisa mencapai 65m cukup memakan waktu. Bapak dan Ibu sekalian diaharap sabar" ungkapnya. Sementara, pelaporan blockgrant tetap dibatasi maksimal tanggal 30 oktober 2011.

Memahami adanya keluhan tentang persoalan layanan ICT-EQEP, kini disediakan layanan Help Desk, dengan nomor kantor (0274) 557587. Setelah sesi tanya-jawab selesai, Dra.Tugini selaku Kepala BTKP memberi pesan untuk mensyukuri kemudahan yang telah diberikan dengan memelihara perangkat TIK hingga tercapainya target DIY menjadi the real Cyber Province. (dt)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.