Bahas BOS, Wapres Adakan Teleconference dengan Gubernur - dikpora.jogjaprov.go.id

Bahas BOS, Wapres Adakan Teleconference dengan Gubernur

DETAIL BERITA 04 Februari 2012 05:02 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 1309kali
  Foto : Wapres Boediono mengapresiasi kelancaran penyaluran dana BOS di DIY  
Share :

Dinas Dikpora DIY- Wapres RI Boediono mengadakan teleconference dengan sejumlah Gubernur di Indonesia terkait dengan distribusi dana BOS di sejumlah propinsi. Tampak menemani Wapres dalam melakukan teleconference adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh, Menteri Keuangan, Agus Marto, Menteri Agama, Surya Dharma Ali,dan Ketua UKP4, Kuntoro Mangkusubroto.

Sementara tujuh pejabat Provinsi yang turut serta dalam acara teleconference serta Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Gubernur Papua Barat Octovianus Atururi, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.Wakil Gubernur Nangroe Aceh Darussalam Muhammad Nazar dan Wakil Gubernur Kalimanatan Barat Christiandy Sanjaya.

Pada kesempatan pertama, Wapres Boediono menanyakan perihal distribusi dana BOS kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sultan yang dalam hal ini didampingi oleh Sekda DIY, Ichsanuri, Kepala DPPKA, Bambang Wisnu, dan Kepala Dinas Dikpora DIY, Baskara Aji, menyampaikan laporan ringkas bahwa pada tanggal 5 Januari 2012, transfer dana BOS ke seluruh rekening sekolah telah selesai dilaksanakan, sehingga mulai tanggal tersebut dana BOS Triwulan I telah siap dimanfaatkan oleh sekolah.

Lebih lanjut, Sultan menjelaskan bahwa selain dana BOS, Pemerintah Provinsi DIY juga telah mengalokasikan BOSDa sejak tahun 2010. Pada tahun 2012, BOSDA akan diberikan dengan satuan 580.000/siswa/tahun untuk SD, 710.000/siswa/tahun untuk SMP.

"Bantuan BOSDA ini akan diberikan kepada SD dan SMP Negeri/Swasta yang dikategorikan sekolah kecil, dengan rata-rata jumlah siswa per rombongan belajar kurang dari 20 siswa. Sedangkan pada jenjang SMA dan SMK, dana BOSDA yang dialokasikan adalah 1.050.000/siswa/tahun yang diperuntukkan bagi 20% dari total siswa, dengan kategori miskin", jelas Sultan.

Mendengar penjelasan dari Gubernur DIY, wapres memberikan apresiasi tersendiri, karena penyaluran dana BOS di DIY terbilang lancar. Selain lancar, DIY juga tercatat memiliki rekor penyaluran BOS tercepat ke seluruh sekolah, yakni per tanggal 5 Januari, sedangkan bagi provinsi lain, penyaluran BOS baru dilaksanakan pada interval 9-16 Januari 2012. Namun demikian, Wapres tetap berpesan agar Gubernur DIY beserta jajarannya mengawasi dan membimbing pemanfaatan dana BOS oleh sekolah. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.