Pembentukan Tim Pengembang TIK DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Pembentukan Tim Pengembang TIK DIY

DETAIL BERITA 12 Februari 2012 03:02 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 1022kali
  Foto : 40 Guru yang ditunjuk sebagai tim pengembang TIK Provinsi DIY  
Share :

Dinas Dikpora DIY- Era serba globalisasi yang penuh dengan pengembangan ilmu teknologi, merupakan suatu peluang bagus yang harus dimanfaatkan oleh dunia pendidikan. Kalau peluang ini tidak ditangkap , maka tentu dunia pendidikan akan tertinggal jauh dengan bidang yang lain.

Demikian disampaikan Kepala BTKP DIY, Dra. Tugini Tri Hayati saat memberikan sambutan pada acara pembentukan forum pengembang TIK DIY, Jumat (10/2) di Aula BTKP DIY. Lebih lanjut, Tugini menjelaskan bahwa sejak tahun 2010, bidang pendidikan dasar di DIY telah mendapatkan kesempatan yang baik melalui program ICT EQEP dalam rangka meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.  Pada bidang pendidikan dasar ini, melalui program ICT EQEP telah diberikan bantuan komputer dan pengembangan konten pembelajaran menggunakan software authoring tool Lectora.

"Pertama bantuan itu diberikan kepada 110 sekolah di tahun 2010. Kemudian pada tahun 2011, terdapat 240 sekolah yang dibantu dengan program yang sama. Pada tahun 2012 sebagai tahun ketiga, akan ada 150 sekolah yang terdiri dari 50 SMP dan 100 SD di DIY yang menerima bantuan ICT EQEP. Saat ini ke-150 sekolah tersebut masih dalam tahap seleksi penetapan sekolah yang akan diusulkan sebagai penerima bantuan ICT EQEP. Sehingga total sekolah penerima bantuan adalah 500 sekolah", terang Tugini.

BTKP DIY dalam hal ini mempunyai ketugasan untuk memastikan sekolah penerima mengimplementasikan bantuan dalam pembelajaran, sehingga tujuan akhir yakni kualitas pendidikan di DIY meningkat dan merata dapat tercapai. "Namun tanpa bantuan Bapak/Ibu Guru sebagai pelaksana pendidikan di sekolah, maka niat untuk memeratakan dan meningkatkan mutu pendidikan tidak akan tercapai", ungkap Tugini.

Untuk itulah, BTKP DIY mengundang 40 orang guru yang merupakan guru-guru pilihan dari sekolah penerima bantuan ICT EQEP dan sekolah cluster TI, serta para guru yang aktif serta memiliki concern tinggi dalam hal pengembangan TIK, untuk membentuk Tim Pengembang TIK Provinsi.

"Dengan pembentukan tim pengembang TIK Provinsi DIY ini, kami harap bantuan dan kerjasamanya dalam mengimplementasikan tupoksi kami yakni mengembangkan dan melayani sekolah dalam rangka implementasi pembelajaran di sekolah berbasis TIK, mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK.  Selain itu, tim pengembang TIK DIY ini juga kami minta untuk membantu secara teknis dalam menyebarkan konten-konten pembelajaran, membantu mengembangkan pemanfaatan TIK bagi guru mata pelajaran, serta menjaring permasalahan-permasalahan dalam pemanfaatan TI di lapangan, sekaligus memikirkan solusinya. Sehingga sekali lagi, niat untuk meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan di DIY melalui pemanfaatan TIK dapat tercapai sepenuhnya", tukas Tugini. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.