Ini Dia Syarat-Syarat mendirikan SMK Kesehatan - dikpora.jogjaprov.go.id

Ini Dia Syarat-Syarat mendirikan SMK Kesehatan

DETAIL BERITA 14 Februari 2012 11:02 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 7340kali
  Foto : Kasi SMK Dinas Dikpora DIY, DR. Isparwono Dewanto (paling kiri), saat memberi keterangan pada rapat yang dihadiri oleh Dinkes DIY dan Organisasi Profesi Kesehatan di DIY  
Share :

Dinas Dikpora DIY- Dinas Dikpora DIY dengan Dinas Kesehatan Provinsi DIY serta Organisasi Profesi di bidang kesehatan yang terdiri dari Persatuan Ahli Farmasi (PAFI) DIY dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DIY, mengadakan pertemuan untuk membahas pendirian SMK jurusan Kesehatan di DIY, Senin (13/2) di Aula F Dinas kesehatan Provinsi DIY. Pertemuan ini berhasil menghasilkan kesepakatan penting terkait pendirian SMK Kesehatan di DIY.

Pertemuan ini memang sengaja digagas oleh Dinas Kesehatan Provinsi DIY, terkait banyaknya surat permohonan rekomendasi pendirian SMK Kesehatan di DIY yang masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi DIY. Padahal pendirian SMK kesehatan harus memenuhi kriteria tertentu, salah satunya yang paling utama adalah, SMK harus menghasilkan lulusan yang siap diterima dan diakui profesionalismenya oleh Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI).

Kepala Bagian SDM Dinkes Provinsi DIY Drs. Elvy Effendy, M.Si., Apt. dalam keterangannya menyampaikan bahwa lulusan SMK bidang kesehatan harus memiliki Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) bagi jurusan farmasi yang dikeluarkan oleh Dinkes Provinsi DIY dan Surat Tanda Registrasi (STR) bagi jurusan non farmasi yang dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI). Setelah lulusan mendapatkan sertifikat ini, barulah mereka memiliki kompetensi dan hak untuk bekerja secara profesional pada DUDI di bidang kesehatan.

"Untuk mendapatkan sertifikat ini, Dinas Kesehatan maupun MTKI harus mendapatkan rekomendasi dari organisasi profesi, seperti PAFI atau PPNI maupun rekomendasi dari DUDI. Permasalahannya, hingga saat ini, satu-satunya organisasi profesi yang bisa merekomendasi lulusan SMK untuk bekerja secara profesional hanyalah PAFI. Organisasi profesi lain seperti PPNI baru bisa memberi rekomendasi untuk mendapatkan STR dengan syarat minimal lulusan Diploma 3 (D3). Hal ini memang telah diatur dalam Undang-Undang. Ini artinya, baru lulusan SMK farmasi saja yang bisa mendapatkan sertifikasi untuk bekerja secara profesional pada DUDI", terang Elvy.

Sementara itu, Kasi SMK Dinas Dikpora DIY, DR. Isparwono Dewanto menambahkan bahwa ada hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam pendirian SMK jurusan Kesehatan. Menurut Isparwono, sebelum masuk ke dunia kerja, siswa SMK harus melalui ujian kelulusan terlebih dahulu, dimana ujian kelulusan ini terbagi menjadi dua, yakni Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK). "Syarat lulus UKK, siswa harus mendapatkan sertifikat lulus kompetensi dari DUDI, sehingga ini juga berkaitan dengan apa yang telah disampaikan oleh Pak Elvy", tukasnya.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, tim pembahasan pembentukan SMK jurusan kesehatan telah merumuskan beberapa kesepakatan penting. Kesepakatan pertama, lembaga/yayasan yang akan mendirikan sekolah kesehatan, harus memiliki pengakuan dari Dunia Usaha/Dunia Industri di bidang kesehatan. Lembaga/yayasan tersebut juga harus memastikan bahwa DUDI bersedia untuk menguji dan memberi sertifikasi kompetensi kepada siswa pada saat pelaksanaan UKK, serta menampung lulusan SMK untuk bekerja pada DUDI.

Kesepakatan kedua, bagi SMK bidang kesehatan jurusan non farmasi yang telah berdiri, pembinaan akan dilaksanakan secara intensif dengan melibatkan Dinas Dikpora DIY, Dinas Dikpora Kabupaten/Kota, serta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Yogyakarta. (m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.